Masyarakat Teluk Pandak Minta Polres  Muarabungo Hentikan Aktivitas Penambang Emas Liar

0
915

Muarabungo, Independennews.com — Aktifitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) Dusun Empelu membuat resah masyarakat Dusun Teluk Pandak. Pasalnya kegiatan penambangan yang dilakukan para penambang di dusun empelu menyebabkan air sungai di desa teluk pkeruh dan kotor hingga ke dusun Teluk pandak.

Pantauan independennews.com di desun teluk pandak, rabu (26/6/18) tampak air sungai di dusun teluk pandak kotor dan keruh, hal ini diketahui bahwa yang menyebabkan air keruh akibat air sisa penambangan emas mengalir ke desun teluk pandak.

“air bekas penambangan mengalir mengalir dari daerah penambangan sehingga masyarakat yang tadinya memanfaatkan air untuk kebutuhan rumah tangga tidak bisa lagi digunakan masyarakat.

Kapolsek Tanah Sepenggal Iptu Sutikno lewat pesan singkatnya mengaku bahwa setiap akan dilakukan razia penangkapan penambang informasi selalu bocor. Sehingga setiap dilakukan razia para penambang tidak melakukan aktivitas penambangan.

“Ya, itu kemarin mau razia tapi bocor duluan, ” kata Kapolsek

Sementara, RIo (Kepala Desa, red) kepada media independennews.com mengatakan, pemerintahan desa Teluk pandak sudah pernah menyurati atau melaporkan aktivitas peti kepada instansi terkait seperti Camat Tanah Sepenggal, Kapolsek Tanah Sepenggal, Kadis Lingkungan Hidup serta Kapolres Bungo, tapi belum ada tanggapan hingga saat ini.

“kegiatan penambang emas liar ini, sudah pernah kitasurati dan melaporkannya, tetapi instansi terkait maupun aparat belum melakukan tindakan, bahkan tembusan isi surat itupun langsung ke Bupati Bungo, jadi sama siapa lagi kami mengadu kalau tidak sama pemerintah atau pun penegak hukum, ” Kata erpuadan Kepala Desa teluk pandak.

Hermanto selaku tokoh pemuda desa teluk pandak menyesalkan ketidak pedulian dari aparat penegak hukum dan dinas terkait terkait laporan yang dilayangkan oleh pemerintahan desa teluk pandak

“dimana keberpihakan aparat kepada masyarakat dengan membiarkan para penambang sesukanya merusak lingkungan, bahkan akibat air yang kotor tetsebut telah banyak masyarakat mengalami gatal gatal.”katanya

Dia menduga, bahwa untuk memuluskan penambangan emas liar ini, kuat dugaan ada oknum aparat yang membekingi.

” jika tidak ada yang membekingi mengapa pula para penambang ilegal ini bebas beraktivitas, bahkan sudah sangat meresahkan masyarakat karena air yang mereka butuhkan untuk kebutuhan rumah tangga sudah tak bisa di manfaatkan.” imbuhnya

Jika kegiatan penambangan masih terus dibiarkan, jangan sampai warga dengan para penambang terjadi bentrokan fisik .

“kita minta polres muarabungo menindak tegas para penambang emas liar itu, sekali lagi kami minta aktivitas PETI harus segera di Hentikan, ” tandasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here