Kunker Kapolri dan Panglima TNI Pastikan Percepatan Pembangunan RS Corona di Galang Batam

0
312

BATAM, INDEPENDENNEWS.COM — Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis,
dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP menyambangi Kota Batam dalam rangka Kunjungan Kerja dan Banti Sosial di Pulau Galang, Batam, Kepri, Minggu (8/3/20)

Kedua petinggi Polri dan TNI ini didampingi oleh Laksdya TNI Yudo Margono (Pangkogabwilhan I), Mayjen TNI Arios Tiopan Aritonang (Asops Panglima TNI), Marsda TNI Kukuh Sudipyanto (Aslog Panglima TNI), Mayjen TNI George Supit Sambangi (Aster Panglima TNI), Marsda TNI Abdul Wahab (Aslog Kasau), Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim Polri), Irjen Pol Ignatius Sigit (Kadiv Propam Polri), Brigjen Pol Argo Yuwono (Karopenmas Divhumas Polri), Brigjen Pol Agung Budijono (Dirtipdter Polri) serta Bapak Doni Monardo (Ka BNPB).

Kegiatan Bahkti sosial Kapolri dan Panglima TNI bertempat di Pelabuhan Sijantung Kel. Sijantung Kec. Galang Kota Batam yang dihadiri oleh Plt Gubernur Kepri, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto, Pangdam 1 Bukit Barisan Mayor Jendral TNI MS Fadilah, Dangus Kamlabar Laksamana TNI Yayan Sofyan St, Danlantamal IV TPI Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdulah, Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Gabriel Leman, Kepala BNNP Prov. Kepri Brigjen Pol Ricard Nainggolan, Waka Polda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Pju Polda Kepri, Kapolresta Barelang Akbp Purwadi Wahyu Anggoro, Dandim Kota Batam Letkol Inf Rahmad Daud Harahap, Danlanud Hang Nadim Letkol Urip Widodo, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kepri, Kapolsek Kawasan Bandara Hang Nadim, Perwakilan Bandara Hang Nadim Bpk Sudirman, Personil TNI Dan Polri serta para Masyarakat setempat.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si mengatakan bahwa kehadiran mereka di Camp Eks Pengungsian Vietnam di Pulau Galang adalah untuk melihat dari dekat persiapan pembangunan Rumah Sakit khusus menangani infeksi menular atau Cogpit 19 di Galang.

Kapolri berpesan agar prajurit TNI dan Polri yang akan ditugaskan agar jaga kesehatan dan kerja ikhlas semoga selalu mendapat ganjaran sebagai lahan ibadah.

Sementara Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP dalam pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri bahwa Pulau Galang merupakan tempat pengungsi Vietnam, sebagai lokasi operasi kemanusian pertama di Indonesia.

Menurutnya, saat ini ada ancaman global seperti ancaman cyber crime dan ancaman biologi yaitu terjangkitnya penyakit dikarenakan virus Corona yang sudah tertular kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Prajurit TNI Polri agar melakukan pengamanan dalam rangka pembangunan RS khusus di wilayah ini agar berjalan dengan lancar, dan agar dijalin terus sinergitas TNI-Polri sehingga ancaman gangguan kamtibmas bisa kita atasi,” ujarnya

Rencana pembangunan RS khusus ini, Kata Kapolri dan Panglima TNI, akan memiliki 2 fasilitas yaitu fasilitas untuk observasi dan fasilitas isolasi.

“Kapasitas yang diajukan Kapolri dan Panglima TNI sekitar 1000 tempat tidur dan 50 ruang isolasi dengan bertekanan negative dan dilengkapi oleh filter Hepa dan termasuk didalamnya ada oksigen secara sinteralis dan kamar mandi didalam ruangan sebanyak 50, yang mana dari 50 kamar yang didalamnya dilengkapi kamar mandi sebanyak 30 kamar akan digunakan untuk Non ICU dan 20 kamarnya lagi untuk ICU.

Nantinya, Kata Kapolri, apabila kita menampung 1000 pasien di RS ini kita sudah memiliki fasilitas untuk memberikan pengobatan. RS ini juga nantinya akan didukung dengan fasilitas penunjang lainya seperti ruang ronsen, laboratorium, apotik dan rumah untuk tenaga medis. Sekaligus Panglima TNI dan Kapolri menyampaiakan bahwa hampir keseluruhan masyarakat sekitar mendukung untuk pembangunan RS ini. Harapan kita semoga RS ini dapat dibangun secepatnya,”terangnya (red/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here