KPU Anambas Gelar Rakor Bahas Persiapan Verifikasi Faktual Partai Politik

0
368

IndependenNews.com, Anambas | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Anambas melaksanakan rapat koordinasi bersama 9 partai politik membahas persiapan pelaksanaan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Selasa (18/10/2022).

Adapun 9 partai politik yang mengikuti rapat koordinasi diantaranya Partai Persatuan Indonesia, Partai Bulan Bintang, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Buruh, serta Partai Ummat.

Komisioner KPU Anambas Divisi Teknis dan Penyelenggara, Novelino menjelaskan, ada 9 partai politik yang telah terverifikasi administrasi oleh KPU, sehingga dalam kegiatan kali ini, pihaknya melanjutkan tahapan selanjutnya, yakni verifikasi faktual.

“Dalam rapat hari ini ada beberapa hal yang ditekankan, yaitu meminta 9 partai politik tadi agar dapat mempersiapkan persyaratan untuk dilaksanakan verifikasi faktual,”ujarnya

Sebagai syarat dalam verifikasi faktual, sambung Novelino, yakni lokasi tetap kantor partai politik, kejelasan Ketua, Sekretaris, dan Bendahara partai politik, serta kejelasan keanggotaan partai politik.

“Kami minta juga kepada partai politik tersebut agar menyiapkan alamat anggota yang sesuai, serta meminta para anggota agar tetap di tempat sesuai jadwal dan tanggal yang telah ditetapkan dari KPU, agar menghindari adanya anggota yang berhalangan berangkat ke luar daerah,”kata Novelino.

Tahap verifikasi ini, kata Novelino, pihak nya akan menemukan beberapa kendala yang kemungkinan akan dihadapi oleh para tim yang turun ke lapangan nantinya, seperti cuaca buruk hingga armada transportasi dari Tarempa ke pulau-pulau lain.

“Hal ini disebabkan kondisi geografis kita yang terletak di pulau-pulau, maka kendala kita salah satunya cuaca buruk dan armada transportasi laut, mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim utara,” kata Novelino.

Meski demikian Novelino optomis dari 9 partai politik yang akan mengikuti verifikasi Faktual sesuai dengan arahan dari rapat koordinasi hari ini, mengamanatkan agar verifikasi Faktual terhadap 9 partai itu dapat dilaksanakan berdasarkan jadwal yang telah disepakati. Rs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here