Kedua Kalinya, DPD KNPI Provinsi Berangkatkan Tim Ke Malaysia Misi Kemanusiaan

0
65

INDEPENDENNEWS.COM, BATAM — Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Kepri, Banjar Harun didampingi Sekretaris KNPI Kota Batam Askarmin Harun melepas tim KNPI untuk suatu misi kemanusiaan atau penyelamatan TKI yang sedang mengalami masalah di Malaysia.

Keberangkatan tim yang di Ketua oleh Pradi Halatu selaku yang membidangi Human Tracfiking KNPI Provinsi berdasarkan surat tugas yang dikeluarkan DPD KNPI Provinsi Kepri dengan nomor surat : 0059/DPD-KNPI/TIM INVESTIGASI/IV/2019.

Adapun tugas dari tim yang dikirim ialah melakukan investigasi dan penjemputan, terkait adanya laporan Tenaga Kerja Indonesia (TKI)di Malaysia yang mengalami diskriminasi dan dipersulit untuk pulang ke Indonesia.

“Ini adalah bentuk gebrakan KNPI untuk melakukan kegiatan penyelamatan TKI yang diperlakukan tidak adil. Kita juga mengingatkan Imigrasi kalau mau berangkatkan TKI, harusnya menanyakan skil dan kemampuan TKI kita. Biar hal seperti ini tidak terulang kembali. Kasian warga kita menjadi budak di luar sana,” kata Banjar saat melepas Tim, Senin (8/4/19) di Pelabuhan Internasional Batam Center, Batam.

Lebih lanjut Banjar menuturkan. Sebelumnya KNPI sudah pernah melakukan hal yang sama dan mendapat respon positif dari KBRI yang ada di Malaysia.

“Ini yang kedua kalinya kita mengirimkan Tim ke Malaysia, setelah sebelumnya kita berhasil memulangkan TKI yang bermasalah di malaysia sebanyak 47 Orang beberapa waktu lalu. Berita ini akan saya sampaikan ke pusat untuk mencari solusi, dan berharap Tim yang diketua Pradi Halatu dapat menyelesaikan masalah ini dan bisa membawa pulang ke 3 orang TKI tersebut,” pungkas Banjar.

Sementara itu, Pradi Halatu yang juga sebagai ketua Human Trafecking KNPI kota Batam menjelaskan, keberangkatan Timnya untuk melakukan mediasi dan mencari solusi untuk penjemputan 3 orang TKI yang dilaporkan mendapat kesulitan untuk pulang ke Indonesia.

“Kita nantinya akan berkoordinasi dengan KBRI di Malaysia dan Imigrasi Malaysia terkait permasalahan yang dialami TKI, Kita juga berharap Presiden RI Joko Widodo mendukung, upaya dan tindakan KNPI untuk penyelamatan TKI,” kata Pradi Halatu yang sering dipanggil Aksa ini.

Identitas Ketiga TKI yang akan ditangani yakni :
1) Kshatrani Sumitra Dakshin dengan nomor paspor, XE159474.
2) Fyvi Widya dengan nomor paspor XE158826.
3) Rajikumari Sabrina Dakshin dengan nomor paspor XE159473. (red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.