Kapolda Riau Dukung Gerakkan Ekonomi Kerakyatan dan Ketahanan Pangan Masyarakat Kabupaten Pelalawan

0
272

PELALAWAN, INDEPENDENNews.com — Kapolda Riau Irjend Pol Agung Setia Imam SH SIK MSi, melakukan kunjungan kerja perdana di Kabupaten Pelalawan Pangkalan Kerinci, Jumat (15/05/2020).

Kunjungan kerja Kapolda Riau di Kabupaten Pelalawan dalam rangka Bakti Sosial Polri Peduli COVID-19, sekaligus dalam upaya menggerakkan ekonomi kerakyatan dan mendukung ketahanan pangan masyarakat.

Kehadiran Kapolda Riau ini juga diharapkan dapat mendorong semangat masyarakat untuk manggalakkan pertanian menghadapi kesulitan pasca pandemi COVID-19.

Pada Kunjungan ini Kapolda juga membagikan paket sembako kepada masyarakat setempat yang pusatkan di lahan pertanian 13 hektar di Jln. Syarif Khassim Km 05 Gardu PLN, Pangkalan Kerinci Barat.

Turut Hadir dalam kegiatan diantaranya Danrem 031WB Kolonel Inf MS Ismed SE MHan, Bupati Pelalawan HM Harris, Dandiim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin SIP, Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua SIK MSi, Kajari Pelalawan Nophy T Suoth, Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi ST MM, Ketua PN Pelalawan Bambang Setyawan SH MH, Dirut PT RAPP Mulia Nauli, Ketua Ormas MUI, FKUB, FPK, tokoh agama, Kelompok Tani, Masyarakat Penerima bantuan, para perwira Polres Pelalawan dan jajarannya.

Dalam kesempatan itu Bupati Pelalawan HM Harris menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Riau, Danrem dan pejabat serta tokoh masyarakat yang telah ikut menggalakkan Pertanian di saat masyarakat sedang mengalami susah akibat dampak wabah virus carona covid-19.

“Terimakasih pak Kapolda, Danrem yang ikut menggalakan pertanian. Karena ditengah kesulitan saat ini, pertanian dapat menyelamatkan ekonomi. Seperti pengalaman saya yang mengalami jatuh bangun di usaha. Ternyata dengan pertanian dapat bangkit kembali. Semoga pertanian ini menjadi contoh dan berkelanjutan di kabupaten Pelalawan,” ungkap Harris menceritakan pengalaman inspirasinya.

Sambungnya, dengan gerakan pertanian yang di lakukan oleh Polri bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten Pelalawan kiranya dapat membantu meringankan beban masyarakat yang sedang dilanda wabah COVID -19. Apa lagi pada hari ini mulai di berlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Pelalawan,”ujarnya.

Hal senada disampaikan Kapolda Riau dalam sambutannnya menyampaikan, bahwa paat ini situasi sedang sulit akibat wabah COVID -19.

“Ditengah kesulitan ini Pertanian harus kita galakkan kembali untuk membangun lumbung-lumbung pangan dan menyerap tenaga kerja. Saya perintahkan kepada Bhabinkamtibmas agar supaya lebih aktif membantu masyarakat yang bersentuhan langsung kepada masyarakat dan tau kondisi masyarakat di desa desa,” harapnya

Terkait pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB), Kata Kapolda, guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dan itu harus dipahami masyarakat.

“Dampak covid 19, banyak masyarakat kehilangan pekerjaan, oleh karena itu, saya minta supaya program pertanian dapat kita tingkatkan. Dan kita berharap dapat berjalan dan hasilnya juga baik,” harapnya

Untuk memberikan dorongan semangat kepada masyarakat pelelawan, Kapolda Riua berjanji akan kembali hadir di Kabupaten Pelelawan apabila tanaman yang ditanam hari ini sudah panen.

“Saya berharap kepada Kapolres dan Dandim agar dapat kira nya membantu masyarakat khususnya Kelompok Tani,” kata Kapolda yang turut melaksanakan penanaman jagung di sekitar area kegiatan.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Riau didampingi Bupati Pelalawan, Kapolres Pelalawan dan Manajemen PT RAPP menyerahkan bantuan sarana produksi budidaya pertanian kepada kelompok tani.

Ditempat terpisah Kapolda Riau beserta Danrem 031wirabima dan Bupati H.M.Harris juga melakukan penaburan benih ikan didesa makmur PKL kenci, “Kelompok Tani Semoga Makmur.

Kepala Desa Makmur “Suardi” mengapresiasi kegiatan peduli covid-19 yang dilakukan Polda Riau dan jajarannya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda Riau yang telah memberikan waktu untuk mendorong semangat masyarakat meningkatkan pertanian di desa kami.” ujarnya (harris.s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here