Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Blitar Buka Bazar Ramadhan 2022

0
107
Foto : Bupati Blitar, Rini Syarifah saat membuka secara resmi Bazar Ramadhan tahun 2022 yang diselenggarakan di Gazebo Alun-Alun Kanigoro Blitar, Selasa (05/04/22).

IndependenNews.com, Blitar | Bupati Blitar, Rini Syarifah membuka secara resmi Bazar Ramadhan tahun 2022 yang diselenggarakan di Gazebo Alun-Alun Kanigoro Blitar, Selasa (05/04/22).

Bazar Ramadhan yang digelar Pemkab Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang berlangsung 05-26 April 2022 tersebut mengusung tema “UMKM, IKM menggeliat Ekonomi Masyarakat Meningkat”.

Selain Bupati Blitar, turut hadir Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, Sekda Kabupaten Blitar Izul Maron, jajaran Forkopimda, Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar dan sejumlah kepala OPD Pemkab Blitar.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan, setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri selalu digelar operasi pasar yang bertujuan untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok, pengendalian inflasi sekaligus memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat.

Menurut Bupati Rini, hal itu sejalan dengan tema kegiatan kali ini yakni “UMKM, IKM menggeliat Ekonomi Masyarakat Meningkat”. Bazar yang berlangsung dari 5-26 April 2022 yang dimulai pukul 12.00 – 16.00 WIB akan diselenggarakan oleh Pemkab Blitar bekerja sama dengan 22 Kecamatan, Dekranasda, MUI dan asosiasi pengusaha makanan dan minuman, serta melibatkan seluruh ASN dilingkungan Pemkab Blitar.

“Bazar Ramadhan sekaligus sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap IKM atau UMKM agar segera bangkit dalam rangka pemulihan dan peningkatan perekonomian pasca pandemi,” jelas Bupati.

“Pandemi Covid-19 sangat berdampak luar biasa terhadap perekonomian masyarakat, satu diantaranya pelaku IKM dan UMKM. Untuk itu melalui kegiatan ini kita menggerakkan UMKM dan IKM yang ada di seluruh kecamatan secara langsung,” bebernya.

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Blitar dalam acara Pembukaan Bazar Ramadhan tahun 2022

Ditambahkannya, UMKM atau IKM kita harus berguna terutama pada peningkatan kualitas sehingga berdaya saing dan bisa diterima oleh pasar. Apalagi di jaman era digital, mereka harus mulai menggunakan platform digital untuk menunjang bisnisnya.

“Melalui kegiatan ini antar UMKM atau IKM bisa saling sharing bukan bersaing dan saya berharap ada kolaborasi dan sinergitas pada program atau kegiatan PKK, Dharma Wanita dan Dekranasda dalam mewujudkan UMKM atau IKM bangkit di Kabupaten Blitar,” pungkasnya. (adv/kmf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here