Festival Kompang Rebana Semarakkan MTQ Karimun

0
1112

Karimun-Festival kompang dan rebana yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karimun dengan Provinsi Kepri berlangsung selama dua malam di panggung rakyat Putri Kemuning Coastal Area. Kegiatan tersebut ditutup pada hari Minggu 9 April kemaren.

Festival yang diikuti 19 tim ini bertujuan untuk mengali dan mengembangkan seni budaya nusantara di wilayah karimun. Selain itu juga untuk menyemarakkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Karimun ke-IX di Kecamatan Meral Barat tanggal 15 April 2017 mendatang.

Demikian dikatakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Karimun, Muhammad Tang dikutip dari gerbangkepri.com

Menurutnya penilaian juri sah, sebagai hasil pemenang dari dewan juri yakni juara I kompang diraih oleh Kecamatan Meral, juara II Kecamatan Meral Barat, juara III Kecamatan Kundur Barat.

Sedangkan juara harapan I Kecamatan Buru, harapan 2 Kecamatan Tebing, harapan Kecamatan Tebing. Untuk busana terbaiknya didapat grup komlang Pusaka Melayu dari Kecamatan Meral.

Sementara juara 1 rebana didapat grup Assyifa dari Kecamatan Kundur, juara II Langgam Perindu Kecamatan Kundur Barat, juara III Al-Kadar Kecamatan Karimun.

Juara harapan I An-Nur Kecamatan Tebing, juara harapan II An-Nisa Kecamatan Kundur Utara, juara III Terai Putih Kecamatan Karimun. Peraih busana terbaiknya dari Kecamatan Kundur.

Grup kompang dan rebana sebagai juara tersebut, juara I menerima uang sebesar Rp 4,5 juta, juara II Rp 4 juta, juara III Rp 3,5 juta.

Untuk juara harapan I Rp 3 juta, harapan II Rp 2 juta, harapan II Rp 1,5 juta. Tidak hanya uang, kesemua juraa juga mendapatkan piala. Sedangkan untuk busana terbiak Rp 1 juta dan piala.

(gk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here