Dugaan Penyimpangan Dana Desa di Desa Lumban Sialaman Menguap, Aparat Penegak Hukum Periksa Kepala Desa Lumban Sialaman

0
985

PARANGINAN, INDEPENDENNEWS.COM — Dugaan penyimpangan Dana Desa di Desa Lumban Sialaman mulai berhembus. Pasalnya, Dana trasferan APBDES 2019 dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 1 Milar lebih itu, tak tepat sasaran, bahkan sejumlah proyek abal abal berdiri sia sia.

Pantauan Independennews.com di Kantor Desa Lumban Sialaman, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan tampak dalam pamplet Dana Desa 2019 dianggarkan menjadi 2 bagian yakni, untuk Dana Desa sebanyak 728.731.000, dan untuk Alokasi Dana Desa sebanyak 344.731.000.

“Penyaluran APBDES 2019 Lumban Sialaman banyak kejanggalan dan diduga kuat sarat KKN. Pasalnya, adanya jumlah anggaran yang dilontarkan tidak sesuai dengan hasil dan spesifikasi di lapangan.

Seperti halnya pada salah satunya bangunan Bumdes (Badan Usaha Desa) yang menelan anggaran ratusan juta, namun hasil di lapangan terlihat bangunan asal jadi dan terkesan ditelantarkan.

Salah seorang Warga Lumban Sialaman kepada Media ini, mengaku kecewa terhadap penyaluran dan hasil dari anggaran APBDES Lumban Sialaman yang sudah berjalan selama 5 tahun ini.

“Kita tidak tahu kemana anggaran Desa mengalir, adapun pembangunan, kita tidak mengetahui berapa anggarannya dan dari mana uang tersebut,” ujarnya Sumber yang namanya diminta dirahasiakan, Rabu(8/1/2020).

Sumber meminta kepada Aparat penegak Hukum untuk menyelidiki Penggunaan Anggaran Dana Desa yang sejak lima tahun ini mengalir.

“Anehnya meskipun Dana Desa mengucur hampir tak ada pembangunan yang bermutu.” Ucapnya

Kepala Desa Lumban Sialaman dan Camat Paranginan belum bisa di jumpai untuk konfirmasi

(Pino Siburian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.