DPD PEKAT IB TEBO Tindaklanjuti Laporan Masyarakat ke DLH Tebo Terkait HGU PT Tebo Indah

0
755

INDEPENDEN NEWS.COM, TEBO –Organisasi Masyarakat (Ormas) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (DPD PEKAT IB) Kabupaten Tebo mendatangi kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tebo, guna menyampaikan aspirasi terkait kesulitan pengurusan sertifikat atas lahan kebun dan rumah Masyarakat akibat tindian HGU PT.Tebo Indah.

Hafizan Romi Faisal akrab dipanggil romy ketua ormas DPD PEKAT kepada independennews.com mengatakan, bahwa pihaknya belum lama ini pernah didatangi masyarakat.

“Masyarakat mendatangi kami dan menyampaikan keluhan terkait pengurusan Sertifikat Lahan Kebun dan Rumah mereka yang tidak bisa diurus karena tertindi oleh HGU, lahan kebun dan rumah mereka tak bisa ikut dalam Program Nasional Agraria (prona) untuk pembuatan sertifikat gratis,” ujar Romi kepada independennews.com di Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Rabu (23/10/2019)

Lanjut Romi, Masyarakat mengetahui jika lahan kebun dan lahan Rumah Mereka tidak bisa dilanjutkan pengurusan sertifikat saat petugas BPN Tebo melakukan pengukuran. Hal itu membuat Masyarakat merasa kecewa lahan perkebunan warga dan rumah mereka masuk dalam HGU Perusahaan PT Tebo Indah, sementara mereka merasa tidak pernah menyerahkan lahan mereka ke PT Tebo Indah.

” Ya, ada masyarakat beberapa kali mereka (masyarakat -red) menemui saya, dan mempertanyakan mengapa tanah mereka bisa masuk dalam HGU Perusahaan PT. Tebo Indah, padahal masyarakat merasa tidak pernah menyerahkan lahan mereka ke PT. Tebo Indah.” kata Romi menirukan keluhan yang disampaikan Masyarakat kepadannya

Sementara terkait kedatangan Romy ke Kantor DLH Tebo mengatakan, bahwa kedatangannya ke kanor (DLH) tebo untuk melaporkan dan menyampaikan berkas laporan dan data data terkait permasalahan perusahaan PT Tebo Indah dengan masyarakat.

” Kita deterima oleh staf bidang pengaduan sekaligus menyerahkan berkas yang kebetulan Kepala Dinas dan Kabid nya sedang berada di lapangan.” ucapnya

Romi menambahkan, persoalan yang tengah dihadapi Masyarakat dengan PT. Tebo Imdah, menurutnya ada yang aneh dengan HGU yang dikantongi PT.Tebo Indah, sebab rumah dan kebun masyarakat jauh sebelum perusahaan beroperasi, masyarakat sudah menempati dan mengolah lahan kebun mereka. Untuk itu kami minta (DLH) untuk mengarahkan dan menjelaskan kepada kami setelah mempelajari berkas yang kami serahkan.” tutupnya.
(tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here