Disinyalir Kepsek SMA Negeri I Padang Bolak Selewengkan Dana BOS

0
1081

PALUTA-Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Sipupus Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Drs Endar Ritonga disinyalir selewengkan dana bantuan operasional sekolah (BOS)  Tahun Anggaran 2016. Pasalnya sejak Drs Endar Ritonga menjabat sebagai kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Sipupus sama sekali tidak ada perkembangan, justru sejumlah bangunan sekolah tidak terpelihara dengan baik alias hancur.

Salah seorang dari orang tua siswa, M Lubis mengatakan bahwa dia sering mendengar keluhan siswa siswi SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Sipupus, Terkait bangunan sekolah yang tidak terpelihara dengan baik . salah satunya bangunan kamar mandi tidak dapat digunakan karena layaknya sebagai kubangan kerbau, tidak dipelihara. Ditambah dengan air yang tidak mengalir sehingga sulit untuk buang air kecil atau buang air besar.

“Siswa kesulitan untuk membuang hajat, sehingga tak sedikut siswa yang menahan sakitnya saat memendam hajatan. Kondisi demikian sudah tidak rasia umum lagi, anak didik setiap hari mengeluhkan kondisi kamar mandi tidak dapat digunakan. Sejak dia (kepsek-red) tidak ada perkembangan bahkan mengalami kemunduran, akibat kondis tersenut seluruh siswa siswi yang ingin buang hajat terpaksa mereka lakukan atau buang hajat ke pinggir sungai.”Kata orang tua siswa M Lubis kepada awak media ini, kamis (24/8/17) di Lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Sipupus

Lanjut Lubis, melihat kondisi tersebut kami sebagai orang tua siswa sangat prihatin, anak anak didik siswa siswi harus membuang hajat ke tempat terbuka di pinggir sungai, sementara jika dana bos di gunakan untuk memperbaiki kerusakan juga mampu, lalu dengan membiarkan kondisi sekolah demikian lalu kemana dana bos di pergunakan yang mengalir setiap tahun.

Bahkan, Kata Lubis selain kamar mandi sekolah rusak, juga gedung sekolah semakin tak terpelihara dengan baik, hancur dan semakin kumuh. Menurutnya bangunan sekolah saat ini sudah tidak layak untuk dijadikan tempat belajar mengajar siswa. Karena Banguna mengalami kerusakan yang sangat parah, kumuh.”bebernya

Lebih jauh M Lubis mengatakan bahwa pada tahun 2016 telah dianggarkan untuk perbaikan melalui dana operasional sekolah (BOS), untuk di lakukan rehap pada tahun ini, namun hingga bulan agustus belum ada tanda tanda realisasi pembangunan.

“kami selakui orang tua murid dan seluruh warga padang bolak julu meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Agar mencopot Drs Endar Ritonga selaku kepsek SMA N 1 Padang Bolak Julu Sipupus. Karena diduga melakukan penyimpangan Dana BOS dengan jumlah Siswa 523 orang.

“Kami juga meminta kepada kejaksaan agar segera melakukan peninjauan dan memeriksa Drs Endar Ritonga. Kemudian segera memanggil beliau terkait pertanggungjawaban beliau soal dana BOS Tahun 2016,” Ujar warga (TIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here