Dinas Perikanan Bintan Bekali Petani, Ilmu Budidaya Ikan Tawar

0
183

Bintan-Dalam upaya  menggalakkan budidaya ikan tawar sebagai sumber  peningkatan ekonomi masyarakat Desa Toapayah. Dinas Perikanan Bintan memberikan pembekalan ilmu budidaya ikan tawar bagi sejumlah kelompok tani. Hal itu dilakukan setiap kelompok tanui memahami apa yang harus di kerjakan dalam membudidayakan ikan tawar guna mencapai target keberhasilan.

Pelaksanaan digelar sejak  tanggal 17- 23 Maret  2017 di gedung balai pertemuan Desa  Toapayah, Kecamatan Toapayah, Kabupaten Bintan  adapun materi yang di berikan yakni pelatihan budidaya ikan lele, nila, gurami dan Ikan Mas  yang di ikuti 4 kelompok.

Ketua Balai latihan Masyarakat atau PTT transmigrasi,  Juspri   menyampaikan bahwa narasumber  pelatihan ini terdiri dari  2 orang dari Lembanga pemasyarakatan pekan baru, 1 orang dari dinas perikanan kabupaten bintan, penitia dari balai kemasyarakatan peken baru 2 orang, dari kecamatan  toapayah 1 orang.

“Selanjutnya, pelatihan yang di adakan masyarakat pekan baru akan di evaluasi sesuai rencana kerja tindak lanjut, dari kelompok petani budidaya  ikan lele di setiap kelompok yang mengikuti pelatihan budidaya ikan tawar, setiap kelompok nantinya akan di berikan bibit ikan lele 5000 ekor per kelompok sebangai perang sang untuk  memulai  budidaya ikan sebagai sumber peningkatan pendapatan masyarakat  desa toapayah.

“kepada para peserta pelatihan budidaya ikan tawar , warga desa toapaya, Jupri berharap mereka benar benar  melaksanakan budidayakan ikan tawar tersebut, terus semagat dan jangan setengah setengah mengerjakannya.

“Kami nanti akan mengevaluasi setiap kelompak apakah benar benar atau sungguh sunguh membudidayakan ikan tawar tersebut hingga  bisa mencapai keberhasialan dan terus di kembangkan,  jangan sampai berakhir sesudah  peletiahan lupa akan  ilmu yang diperoleh di waktu pelatihan, “Katanya

Sementara itu, ketua penyuluhan perikanan dinas kabupaten bintan  Siswandi menyatakan potensi budidaya perikanan di kecamatan toapayah sangat besar terutama ikan tawar,seperti ikan lele,gurami,nila dan ikan mas.

Harapannya Para peserta pelatihan budidaya ikan tawar betul betul dan  sunguh sungguh menekuninya hin gga mencapai hasil panen yang memuaskan, setelah berjalan dengan baik  baru di data dan mendaftarkan kelompaok masing masing  untuk mangajukan bantuan .”katanya (cr)

LEAVE A REPLY