Data Center BP Batam Dipersiapkan Menuju Bertaraf Internasional

0
450
Poto Kepala Data Center BP Batam Yudha dengan Ketua Dewan Tehnologi Informasi dan Komunikasi Nasional ( Wantiknas) Garuda Sugardo bersama Rombongan saat Cofee Morning di Data Center BP batam , Selasa (12/12/17)

Batam, IndependenNews.com — Data Center BP Batam terus dipersiapkan menuju Kelas Internasional. Meskipun Data Center BP Batam masih dalam tingkat Nasional namun fasilitas dan tingkat pengamanannya sangat diperhitungkan. Bahkan untuk memasuki wilayah Data Center memiliki pengamanan berlapis diantaranya, pagar Gedung  yang memiliki kekuatan menahan laju Kenderaan mobil dalam kecepatan 30 kilometer Per jam,  selain itu diatas pagar juga dipasangi dengan Sinar Infrared.

Demikian diungkapan Kepala Data Center BP Batam, Kolonel Yudha, dalam acara cofee Morning Bersama Dewan Tehnologi Informasi dan Komunikasi Nasional ( Wantiknas) Garuda Sugardo bersama Rombongan dan Sejumlah awak media Nasional dan Lokal, di IT Center BP Batam, latai 1, Selasa (12/12/17) di Batam Center, Kepulauan Riau.

Yudha Juga mengungkapkan bahwa Data Center BP batam dibangun pada tahun 2008 dengan menggunakan dana Loan Korea Selatan.

“data Center BP Batam awalnya pembangunannya bertujuan untuk membackup tehnologi penyimpanan data bagi Perusahaan perusahan yang ada di batam. Dari sisi letaknya pulau Batam sangat sitrategis sebagai Ilsnd Tehnologi, “Ujar Yudha

Dia juga memaparkan bahwa infrastruktur Data Center BP Batam saaat ini sudah sangat siap untuk mendukung kemajuan teknologi. Dari sisi tempat sangat strategis mudah dijangkau dari berbagai wilayah di batam.

“Data Center juga memiliki lahan seluas 7.320 meter persegi mampu melayani apapun di bidang PTIK, termasuk malayani para pebisnis yang sudah eksis maupun pemula (start up) di semua bidang yang membutuhkan layanan digital. Selain itu Data Center BP Batam memiliki kemampuan dan pengamanan yang baik serta menyiapkan aplikasi tertentu, web server, database, middleware, bandwidth, penyimpanan dana (storage), server, hingga virtual machin yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen maupun stake Holder kita,”Ujar Yudha

Menurutnya, bahwa Data Center BP Batam sudah memiliki tim khusus untuk melayani segala kebutuhan konsumen. Mereka anak muda lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indnesia yang memiliki kompetensi dalam bidang digital. Keberadaan data center BP Batam memang belum banyak diketahui secara luas. Sebab, selama ini Data Center BP batam masih fokus melayani kebutuhan pemerintah, baik pemerintah pusat (kementerian) maupun pemerintah daerah di seluruh Indonesia, khususnya wilayah barat dan tengah. Juga fokus membenahi layanan digital ke semua unit kerja BP Batam.

“Data Center BP batam telah melayani 18 Instansi Pemerintah, khususnya Indonesia wilayah Barat dan Tengah. Bisa juga melayani perbankan maupun perusahaan lainnya di seluruh Indonesia. Data Center BP Batam termasuk ini salah satu objek vital yang pengamanannya berlapis. Baik pengamanan infrastruktur maupun pengamanan dari serangan dari luar secara digital;”Ujar Yudha

Sementara itu Ketua Pokja Infrastruktur dan Hardware atau (Wantiknas) Garuda Sugardo pada kesempatan itu mengatakan, Data Center BP Batam meskipun masih belum bertaraf internasinal jangan berkecil hati.

“Memang untuk Data Center yang baik permeternya setara dengan nilai Rp10 hingga Rp13 Miliar,”Ujar Garuda

Lebih jauh Garuda mengatakan Bahwa saat ini indonesia bahkan dunia sudah masuk era digital, Untuk Pembiayaan Data Center pemerintah harus menggelontorkan dana APBN sebesar Rp2,5 Trilliun.

“Masyarakat indonesia saat ini yang memakai digital menghabiskan dana Rp 200 Trilliun Pertahunnya, 50 Persen dana tersebut disedot oleh Telkomsel dan 50 persennya dibagi oleh provicer lainnya.”Ungkap garuda

Dia juga berharap data Center BP batam terus melakukan inovasi mengarah kepada taraf internasional, memang untuk menuju ke arah sana masih banyak yang harus dilalui dan dibenahi termasuk penilaian Tehnologi Council yang dihujuk oleh pemerintah sebagai pusat Data Center, nantinya data senter akan dipusatkan di Sejumlah Perguruan Tinggi Terkemuka seperti UGM, ITB .

Menurutnya, bahwa Data Center BP Batam telah memiliki semua jenis layanan sudah termasuk dalam kategori canggih.”terang garuda yang  mengaku perangcang Pertama pembangunan Provider Telkomsel di batam itu.

(01Gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.