Cuaca Buruk Nelayan Enggan Melaut, Harga Ikan Melambung Naik di Pasar Dabo

0
507

Lingga , independennews.com — Akibat Cuaca buruk yang terjadi sepekan terakhir ini mempengaruhi harga ikan di pasar Dabo Kabupaten Lingga, Hal itu menyebabkan ketersediaan ikan di pasar juga merosot. Keterpurukan perekonomian masyarakat juga mempengaruhi daya beli masyarakat.

” Harga ikan kembung melambung berkisar Rp 40.000 hingga Rp 50.000 perkilonya, saat ini pedagang terpaksa menjual dengan murah, ikan gembung seharga Rp 30.000 perkilogram , ikan seharga Rp 20.000 perkilogram dan untuk ikan parang Rp 25.000 perkilo.” Ujar salah seorang pedagang ikan dipasar Dabo Lingga, Usman kepada independennews.com Kamis (14/12/17)

Menurutnya, kondisi ikan yang sudah berhari hari di pasar menyebabkan ikan tidak segar sehingga harga secara otomatis turun.

“harga ikan turun bukan tanpa sebab, ditambahkannya bahwa harga ikan turun disebabkan karena ikan tidak laku di jual.”Katanya

Sebelumnya, harga ikan segar melambung tinggi sehingga masyarakat tidak mampu membelinya, kondisi itu membuat ikan bertahan berhari hari sehingga menjadi tak segar atau menimbulkan aroma bau busuk.

” kondisi seperti ini jelas sangat mempengarihi perekonomian keluarga, jika begini terus kami sulit untuk bertahan, kata usman pedagang yang bisa bertahan dengan kondisi seperti ini hanya pedagang yang punya modal saja,” keluhnya

Meski demikian, ia mengaku pasrah, belum ada jalan keluar untuk usaha lainnya, ” Kata Usman warga yang berdomisili di Rt 01 Rw 03 belakang pasar sayur kelurahan Dabo, di sela-sela kesibukannya.
( juhari )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here