Bupati Aunur Rafiq Serahkan Bantuan Operasional Nelayan

0
360

Independennews.com, Karimun –Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun melalui Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Karimun menyerahkan bantuan kepada nelayan. Penyerahan bantuan tersebut telah dilakukan secara simbolis, Senin (13/8/18) bertempat di Kantor UPTD perikanan kelurahan Baran, kecamatan Meral, tanjungbalai Karimun, Kepualaun Riau.

Bantuan itu berupa perlengkapan operasional nelayan se Kabupaten Karimun, yang bersumber dari APBD dan Alokasi Dana Khusus (DAK) tahun 2018

Bantuan operasional nelayan tersebut berupa (5) unit kapal (85) GT untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang terdiri dari KUB Desa Pelambung Kecamatan Tebing, KUB Baran Kecamatan Meral, KUB Sei Raya Kecamatan Meral, KUB Teluk Setimbul kecamatan Meral barat, KUB Semembang Kecamatan Durai. bantuan itu juga berupa alat tangkap jaring untuk KUB Pintu Air, dengan jaring nilon untuk 6 Kepala Keluarga (KK), serta jaring tangsi untuk 15 ( KK) dan jaring udang untuk 12 (KK). Dan pemeberian 32 unit sampan ketinting untuk KUB Kecamatan Ungar 15 unit, Teluk Mesodo Pelambung Kecamatan Tebing 3 unit, Teluk Uma 3 unit, Sei Pasir 1 unit, Desa Parit 4 unit, Desa Tulang 3 unit, Baran 1 unit, dan Sei Raya 2 unit.

Selain itu, pemerintah daerah kabupaten Karimun juga memberikan bantuan klaim asuransi nelayan Asuransi Jasindo atas nama Samat (54) tahun berasal dari kecamatan Moro yang meninggal dunia akibat kecelakaan di laut sebesar Rp 200 juta.

Bupati Karimun H.Aunur Rapiq S.sos. M.si, mengatakan batuan ini perhatian dan kepedulian Pemkab Karimun kepada nelayan yang rutin diserahkan setaip tahunnya, untuk itu diminta bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Rafiq juga berpesan jangan diperjual belikan, bantuan jangan dipindah tangankan ke yang lain, saya ingin mendengar kabar selanjutnya nelayan berhasil setelah diberi bantuan operasional, bukan mengeluh, intinya di syukuri apa yang didapat tegas Rafiq.

Dia juga berpesan kepada nelayan untuk memperhatikan keselamatan bekerja dalam melaut, perlengkapan keselamatan melaut yang sudah disiapkan harus digunakan.

“Memang terlihat risih saat menggunakannya, tapi ini untuk keselamatan.” imbuhnya

Penyerahan bantuan operasional nelayan ini diserahkan langsung oleh Bupati Karimun H.Aunur Rapiq S.sos. M.si, di dampingi oleh Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Karimun Rupindi Alamsyah serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Karimun dan perwakilan dari Asuransi Jasindo.(Razaali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here