Batam-Jasa Raharja (Persero) asuransinya kecelakaan terkemuka di indonesia, berbagai upaya dilakukan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat terutama bagi korban kecelakaan. Perlindungan bagi korban kecelakaan di atur dalam ndang-Undang No. 33 Tahun 1964 Jo. PP No. 17 Tahun 1965 tentang Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum dan UU No. 34 Tahun 1964 Jo. PP No. 18 Tahun 1965 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

“selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jasa raharja bergerak di bidang perlindungan dasar dan subsidi silang yang ditunjuk oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan Undang-Undang No. 33 Tahun 1964.

Tugas utama Jasa Raharja (Persero) adalah memberikan perlindungan dasar bagi masyarakat yang tertimpa musibah kecelakaan, yaitu musibah kecelakaan penumpang umum dan kecelakaan lalu lintas jalan dengan selalu mengedepankan Pelayanan kepada Masyarakat Indonesia. Serta melaksanakan penghimpunan dana dari masyarakat untuk dipergunakan sebagai Dana Santunan Kecelakaan dan Proyek Pembangunan Negara.

Upaya pencegahan juga terus dilaksanakan oleh Jasa Raharja, antara lain :

Memberikan alat-alat sebagai sarana pencegahan kecelakaan lalu lintas pada waktu pembukaan Apel PAM lebaran 1437 H di lapangan Engku Putri berupa,Rompi Scotlight 450 unit,Jas Hujan 50 unit,Barikade 40 unit,Senter Polisi 50 unit,Tenda Kerucut 3 unit,Tenda Payung 5 unit,Pemasangan spanduk himbauan keselamatan lalu lintas di jalan dan pelabuhan,dan Pemasangan Billboard Himbauan.

Jasa Raharja juga telah meningkatkan dibidang pelayanan, salah satunya mengenai sinergi data laka IRSMS (Integrated Road Safety Management System) dan DASI JR (Aplikasi Jasa Raharja), dengan mekanisme sebagai berikut.

Apabila terjadi kecelakaan lalu lintas, pihak kepolisian datang untuk olah TKP dan membawa korban ke Rumah Sakit,pihak Rumah Sakit dan BPJS menginput data korban laka,data yang di input, masuk ke server BPJS yang akan secara otomatis masuk ke server Jasa Raharja,setelah masuk ke server Jasa Raharja, akan muncul notifikasi berupa SMS ke petugas yang menjadi PIC Rumah Sakit yang bersangkutan,berdasarkan SMS tersebut, petugas membuat surat jaminan kepada korban laka lantas.(niko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.