Buka Perizinan Pencarian Harta Karun Laut Indonesia, BKPM Sampaikan Syarat Untuk Investor

0
91

 

Independennews.com, Jakarta – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, membuka perizinan investor asing dalam pencarian harta karun muatan kapal yang tenggelam di laut Indonesia, Rabu (03/03/21).

“Dibuka pengangkatan benda berharga muatan kapal tenggelam, jadi kalau mau cari harta karun di laut bisalah kau turun. Syarat dan izinnya datang ke kita untuk bisa mendapatkan itu,” ujar Bahlil dalam konferensi pers virtualnya.

Bahlil mengungkapkan bahwa, pembukaan perizinan tersebut bertujuan untuk memperluas bidang investasi yang terbuka untuk investor asing.

Pencarian harta karun bawah laut Indonesia, sebelumnya masuk dalam daftar negatif investasi, bersama dengan 20 bidang usaha lainnya. Tapi lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal, 14 bidang usaha dibuka untuk investasi, sedangkan 6 lainnya masih tertutup.

Bahlil menegaskan, terdapat peraturan ketat yang harus dipenuhi oleh investor untuk memperoleh perizinan. Semakin bagus barang yang didapat, semakin ketat pula peraturan yg ditetapkan.

“Harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, tidak langsung masuk Online Single Submission (OSS) kemudian izin didapatkan. Tapi harus ada notifikasi dan syarat-syarat itu tidak gampang karena ini bukan barang barang sembarangan. Semakin bagus barang, semakin syaratnya bagus,” terang Bahlil.(Kompas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here