BP Batam Pilot Project Penerapan OSS dan Dipercaya Pusat Pelatihan Pekerja OSS

0
530

Independennews.com, Batam — Guna menunjang peningkatan dunia usaha di Kota Batam,  BP Batam akan menerapkan layanan Online Single Submission (OSS). Program ini dipastikan dapat  memberikan Kemudahan pengurusan proses Perizinan   bagi kalangan dunia usaha.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, Kamis (19/8/18) mengatakan
Bahwa Online Single Submission (OSS) ialah sistem pelayanan berusaha terintegrasi secara online yang diperuntukkan bagi kalangan dunia usaha.

Menurutnya, Program OSS ini diharapkan mampu menyederhanakan perizinan berusaha, baik di pusat maupun daerah.

“Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk merespon keinginan pengusaha agar pelaksanaan OSS bisa berjalan lancar, OSS belum lama ini diluncurkan secara resmi oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perekonomian bersama BKPM.” terang Lukita

Kata Lukita, perubahan dalam sistem OSS cukup drastis, namun demikian, sistem ini memudahkan pelaku usaha untuk memantau proses perizinan melalui smartphone.

“Dengan sistem ini, semua proses perizinan berada dalam satu layanan yakni OSS. Pelaku usaha yang ingin berinvestasi di Batam bisa mendaftar ke sistem OSS dan mengecek proses  perizinan yang dia lakukan melalui smartphone,” ujarnya

Kalangan dunia usaha, baik asosiasi maupun himpunan pengusaha di Batam berharap sistem ini semakin memberikan kemudahan dan kepastian hukum dalam berinvestasi, khususnya di Pulau Batam.  Dengan Sistem pelayanan yang terintegrasi secara online juga diharapkan mampu menarik minat investor berinvestasi di Batam, sehingga pertumbuhan ekonomi Batam terus bertumbuh.

Sementara itu, terkait rencana pemerintah pusat menjadikan BP Batam sebagai pilot project penerapan OSS dan sentra pelatihan petugas OSS di Tanah Air, disambut baik Lukita. Dia juga mendukung rencana tersebut mengingat Batam memiliki instrumen peralatan, sistem jaringan terintegrasi, dan instrumen pendukung yakni Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perekonomian berkeinginan menjadikan Batam sebagai lokasi pelatihan bagi petugas penerapan OSS di Indonesia, khususnya wilayah Sumatera. Hal itu disampaikan Muwasiq Muhammad Noor mewakili Kementerian Perekonomian dalam acara kegiatan Sosialisasi Kemudahan Berusaha Melalui Online Single Submission (OSS) di Batam. “Batam akan kami jadikan sebagai training centre untuk OSS. Hal ini ditempuh agar tidak semuanya dilakukan di Kantor Kemenko Perekonomian,” tegasnya

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Ady Soegihart mengatakan, BP Batam memang memiliki Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) yang di dalamnya terdapat kelas dengan fasilitas komputer.

Menurutnya, bahwa itu suatu tantangan bagi BP Batam BP Batam selaku yang dipercaya oleh pemerintah menjadi pusat pelatihan bagi petugas penerapan OSS untuk wilayah Sumatera,” ujarnya.

Sistem ini diharapkan mampu mempermudah sistem perizinan berusaha bagi investor di Indonesia, baik pusat maupun daerah. Serta regulasi untuk para investor menjadi lebih mudah.

Dalam Kegiatan sosialisasi itu mendatangkan pembicara, Ketua Tim Persiapan OSS dari Kemenko Perekonomian Muwasiq Muhammad Noor, staf khusus Kemenko Perekonomian Edy Putra Irawady, dan Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo.  (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.