Bawaslu Tebo Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Hadapi Pilgub Jambi 2020

0
51

INDEPENDENNEWS.COM, JAMBI — Bandan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, Menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Dalam Rangka Kilas Balik Proses Pengawasan Pelanggaran Pemilu 2019. Kegiatan ini Dilaksanakan di Hotel Alya Kabupaten Tebo, Senin (07/10/19).

Sambutan Ketua Banwaslu Kabupaten Tebo, Farida Mengatakan, pada Pemilu 2019 lalu ditemukan 6 Pelanggaran. Dari 6 Pelanggaran Itu, ada 4 pelanggaran Administrasi, satu pelanggaran atau Politik uang, dan satu lagi pelanggaran Pidana,”kata Ketua Banwaslu Tebo, Farida dalam sambutannya. 

Dalam upaya meminalisir pelanggaran, kata Ketua Bawaslu Tebo, Pihaknya menggelar sosialisasi ini dengan harapan para peserta yang hadir dapat memahami bagaimana cara melakukan pengawasan Pemilu Partisipatif, yang tujuannya agar pelanggaran Pemilu dapat dicegah atau diminimalisir.

“Sebentar lagi kita akan mengadakan Pemilu Gubernur Jambi (Pilgub) yang dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. Sosialisasi ini merupakan bagian dari kegiatan bawaslu Tebo dalam melaksanakan, Pengawasan dan Penegakan dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2020 nanti, ”katanya.

Selain Itu kata Ketua Bawaslu Tebo Farida, maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara kerja atau manajemen Pengawasan Pilgub Jambi 2020 nanti dengan melibatkan seluruh lapisan Masyarakat. 

“Dengan kegiatan ini kami berharap kedepanya masyarakat kita lebih paham terkait 0roses Pemilu, terutama sebagai peserta Pemilu,”kata Farida Ketua Banwaslu Tebo. Proses pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Tebo terlaksana dengan baik dan sukses, kendati demikian, Bawaslu Tebo berharap pada pelaksanaan Pilgub Jambi 2020 nanti bisa terlaksana dengan aman, damai dan kondusif. 

“Untuk itu bawaslu Tebo mengajak semua lapisan Masyarakat untuk bersama-sama berperan dalam mengawasi Pilgub Jambi 2020 nanti. Soalnya, dalam Pengawasan tidak cukup hanya bawaslu saja,”kata Ketua Bawaslu Tebo.

Diketahui, ada sekitar 100 orang peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan Ini diantaranya, pihak Kepolisian, Para Camat, Pengurus Semua Partai Politik, Wartawan Dan Para Undangan Lainnya. Sebagai Narasumber Pada Kegiatan Ini Adalah Bawaslu Kabupaten Tebo, Polres Tebo Yang Diwakili oleh Kapolsek Tebo Tengah dan Kejari Tebo yang diwakili oleh Kasi Datun. (Tim/Rm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.