Bakamla dan Pemkab Natuna Tanda Tangani Mou Keamanan Laut Natuna

0
395

Independennews.com, Natuna —┬áKegiatan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama antara BAKAMLA dengan PEMKAB NATUNA dan STIP Jakarta, Sekaligus peresmian Desa Maritim, yang dilaksanakan di Desa Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan, berlangsung aman dan tertip, Selasa 28 Agustus 2018.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Dir Karma Bakamla Bpk. Brigjen. Dade Ruskandar, SH. MH. dan rombongan, disambut oleh Bupati Natuna.

Dir Karma Bakamla Bpk. Brigjen. Dade Ruskandar, SH. MH, dalam sambutannya menyampaikan terkait isu ancaman strategis arus maritim di indonesia, diperlukan sinergitas pengamanan yang lebih di laut.

Kata Dade, Kegiatannya di Natuna bukan asal tunjuk saja, namun sudah melalui kajian yang matang dari tim Bakamla.

“Kegiatan ini juga sekaligus upaya meningkatkan pemahaman masyarakat dengan keselamatan di laut melalui peningkatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.”ucapnya

Bupati Natuna, Hamid Rizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Natuna menyambut baik kegiatan tersebut, mengingat Pemerintah Pusat sangat gencar mendukung pembangunan bidang kelautan, perikanan sesuai dengan nawacita Presiden RI, Joko Widodo.

Menurutnya, masyarakat Natuna juga sudah terbiasa dengan laut bahkan sebagai penyangga kehidupannya dengan laut karena Daerah Natuna sebagian besar laut.

“Kondisi laut Kabupaten Natuna sangat extrim, hal ini perlu adanya pemahaman kondisi laut untuk melakukan aktivitas di laut. Pemerintah Kabupaten Natuna menyambut baik kegiatan ini mengingat pemerintah pusat sangat gencar akan pembangunan bidang kelautan perikanan sesuai dengan nawacita Presiden RI.

“Sebagaimana kita ketahui kondisi laut Natuna pada musim utara gelombang laut sangat extrim maka perlu adanya pemahaman kondisi alam untuk beraktifitas di laut.” Pungkasnya.

STIP Jakarta juga mengapresiasi kegiatan Mou tersebut, hal ini pihaknya menilai suatu bentuk peningkatan pemahaman tentang keselamatan di laut, serta tata cara pengolahan hasil tangkapan laut dikabupaten Natuna menjadi lebih baik dan safety.

Dalam acara tersebut juga dilakukan Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Desa Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten Natuna sebanyak 107 orang peserta, dan akan dilakukan selama 3 hari.

Tampak hadir juga Perwakilan FKPD Kabupaten Natuna, Kepala / Perwakilan OPD Kabupaten Natuna, Perwakilan dari Kajari Ranai, Camat Bunguran Selatan,Para Kades dn BPD Se Kecamatan Bunguran Selatan beserta seluruh Peserta Diklat.( firmandani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.