Aunur Rafiq Ajak Masyarakat Taat Bayar PBB

0
1114

Karimun-Bupati Karimun Aunur Rafi mengatakan Pajak Bumi Bangunan salah satu objek pajak daerah, yang mana pengelolaanya sejak tahun 2014 dilimpahkan dari Kantor Pajak Pratama Karimun ke Pemerintah daerah.

“Pajak Bumi bangunan salah satu sumber pendapatan daerah yang digunakan untuk membangunan daerah. karena itu masyarakat diharapkan taat pajak.”Ujar Rafiq dalam acara penyerahan SPPT PBB kepada lurah se kabupaten Karimun, Kamis (30/3/17) di balai pertemuan Nilam Sari, Poros, Karimun, Kepulauan Riau .

Lanjut Rafiq,  taat membayar Pajak Bumi Bangunan kita sudah berpartisipasi dalam mengisi pembangunan. Meskipun UU tidak menetapkan sanksi tegas bagi yang tidak membayar Pajak, Masyarakat harus peduli.

“Memang kata Rafiq tidak ada sanski yang ditetapkan undang-undang,”Katanya

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Karimun, Kamarulazi mengungkapkan bahwa capaian realisasi Pajak Bumi Bangunan (PBB) Tahun 2014-2016 menjujukkan peningkatan.

“Tahun 2015 penerimaan PBB terealisasi Rp 5.229.195.962 dari target Rp 4.7000.000.000. dan Tahun 2016 penerimaan terealisasi Rp 5.266.141.646 dari target Rp 5.100.000.000,”Ujar Kamarulazi

Lanjut, dari keseluruhan lembar pajak bernilai Rp Rp 7 Miliar, untuk pelaksanaan pemunggutan PBB, harus memperhatikan validitas data atas objek pajak seperti ukuran luas tanah dan bangunan.

“Dan yang terpenting menurut lazi memperhatikan nama subjek serta lokasi objek sebagai dasar nilai penetepan yang harus dibayarkan, tergantung dari komponen yang ada.”tuturnya

Untuk menwujudkan capaian realisasi penerimaan PBB sangat diharapkan kesadaran dari wajib pajak.

“apabila terdapat kesalahan atau tidak cocok dokumen objek yang dimiliki maka segera laporkan kepada perangkat RT maupun Kelurahan,”katanya.(mar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here