Ahok, DKI Pelopor Implementasi UU Penyandang Disabilitas

0
657
Poto : Pilkada DKI 2017 (waktuku)

Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan DKI menjadi provinsi pertama yang menjadi pelopor dalam mengimplementasikan Undang-Undang (UU) tentang Penyandang Disabilitas.

“DKI Jakarta provinsi pertama yang mengimplementasikan undang undang penyandang Disabilitas,” Ujar Ahok dalam debat final Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017 di Menara Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/17

“Kami sudah lebih dahulu memberikan fasilitas bagi penyandang disabilitas. Termasuk pada angkutan Bus dibuat sedikit miring.

Bahkan, Pegawai Pemprov 1 persen penyandang disabilitas, dan apabila kami terpilih lima tahun ke depan jumlah pekerja Pemprov akan dinaikkan jadi 2 persen.”Penyandang disabilitas dulu ada bekerja di balai kota, dan sekarang ia ditempatkan di gedung dewan.

“Lalu kenapa butuh RPTRA dan pendataan dari PKK? Karena kita harus kenali, penyandang disabilitas ini punya kelebihan dan keunggulan. Kita tidak bisa sama ratakan,” katanya.

Menurut Basuki, di DKI banyak mereka yang disabilitas karena sakit atau kecelakaan. Oleh karena itu, sebagai pemerintah, untuk membantu mereka harus mengetahui datanya.

Pasalnya, orang tunarungu dan tunanetra berbeda penanganannya. Selama ini, katanya, banyak yang salah dalam memberikan pelatihan bagi tunanetra yang terus diarahkan untuk memijat. Padahal, katanya, mereka bisa juga menjadi orang-orang yang bertugas di call center misalnya.

“Bangun DKI bukan autopilot. Harus data dan solusi, bukan asal ngomong. Semua taman diperhatikan,” katanya.

Tidak hanya itu, saat ini untuk memfasilitasi penyandang disabilitas juga sudah ada Transcare di bawah Transjakarta untuk mengantarjemput mereka yang disabilitas dengan cara memesan satu hari sebelumnya terlebih dahulu.

“Trotoar juga sudah ramah disabilitas. Karena target kami, penyandang disabilitas bukan mereka, tapi kita,” tutupnya.(beritasatu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here