Bupati Bintan Resmikan Rumah Pintar Pemilu ” Seloka Ilmu “

0
473

Bintan – Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos meresmikan Rumah Pintar Pemilu ( RPP ) bernama ” Seloka Ilmu ” di Kantor KPU Kabupaten Bintan , Jl. Ceruk Ijuk , Jum’at pagi ( 12/5/17 ).

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi atas eksistensi Rumah Pintar Pemilu yang merupakan suatu bagian dalam media sosialisasi dan edukasi terkait perkembangan Pemilu bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bintan .

” hal ini bagus bagi masyarakat agar bisa mendapatkan informasi seputar pemilu dan dapat dijadikan sarana pendidikan politik bagi masyarakat ” ujarnya .

Menurutnya, keberadaan Rumah Pintar Pemilu, nantinya akan bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui MoU ( Nota Kesepahaman ) dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan , STAI Abdurrahman , Perpat , Karang Taruna serta PKK Kabupaten Bintan hendaknya bisa meningkatkan partisipasi pemilih , dimana salah satu indikator keberhasilan pemilu adalah tingginya angka partisipasi pemilih .

Di Rumah Pintar KPU ” Seloka Ilmu ” juga , masyarakat bisa melihat langsung tata cara proses pemilihan yang ditampilkan secara visual melalui layar lebar dan dilengkapi dengan alat peraga yang mirip dengan kondisi nyata tempat pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah.

” kita berharap dengan informasi yang dikumpulkan dalam satu wadah ini, pengelolaan informasi pemilu untuk ke depannya menjadi jauh lebih efektif, dimana masyarakat umum serta para pelajar dapat belajar dan mengetahui seluruh informasi pemilu dengan baik ” ujarnya .

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bintan Wandra Fadillah, SH mengatakan bahwa tujuan dibentuknya Rumah Pintar Pemilu ” Seloka Ilmu ” ( RPP ) secara umum ialah untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan sebagai pusat informasi kepemiluan. Kemudian, juga untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi, serta memperkenalkan nilai-nilai demokrasi, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi, serta menanamkan kesadaran nilai-nilai demokrasi kepada semua segmen masyarakat.

” Di ruangan rumah pintar pemilu ini, pengunjung bisa melihat konten-konten, seperti perjalanan sejarah kepemiluan melalui tayangan audio visual. Termasuk nanti setelah masuk pada tahapan pilkada, semua informasi yang harus diketahui masyarakat akan kami tampilkan juga di rumah pintar pemilu ini ” ujarnya .

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM , Ketua DPRD Kabupaten Bintan Lamen Sarihi, SH , Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Bintan Daeng M.Yatir , Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Bintan Fiven Sumantri , Ketua PKK Kabupaten Bintan Hj. Deby Apri Sujadi, Komisaris KPU Provinsi dan Kabupaten Bintan , Perwakilan Partai Politik , serta Kepala OPD Kabupaten Bintan .

(A**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.