4 Hektar Kebun Tebuh dilalap Sijago Merah

0
566

Pamekasan, Independennews.com-Perkebunan tebu di Kelurahan Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan dilalap sijago marah, Senin,(25/9/2017) Madura, Jawa Timur.

Akibat kebakaran kebun tebuh tersebut warga mengalami kerugian, Namun belum diketahui berapa jumlah kerugian yang ditimbulkan peristiwa itu.

Untuk sementara penyebab kebakaran diduga lahan tebu dibakar untuk mengejar jadwal giling yang segera berakhir pada musim giling 2017 ini.

Informasi yang dihimpun di Independennews.com dilokasi kejadian bahwa penyebab kebakaran karena petugas pengelola tebu dengan sengaja membakar lahan tebu yang batangnya sudah ditebang.

“Kondisi cuaca panas beserta angin kencang membuat api dengan cepat menjalar ke area lahan tebu seluas 4 hekhtar tersebut. Pada pukul 07.00 WIB tampak beberapa petugas yang sengaja membakar tebu yang sudah di tebang. Akibat cuaca panas dan angin kencang, api dengan cepat menyebar ke lahan tebu itu,” kata Mohammad Very Fadli, warga setempat kepada independennews menceritakan peristiwa itu.

Lanjut Very, apabila tidak segera dipadamkan, warga khawatir kebakaran lahan tebu meluas dan memicu api menjalar ke pemukiman warga.

“Syukurlah ada warga yang cepat menelpon Kantor Pemadam Kebakaran Pamekasan,” imbuhnya.

Menurut koordinator TRC BPBD kab. Pamekasan, Budi Cahyono mengatakan bahwa pihaknya begitu menerima laporan ada kebakaran, sontak dengan sigap Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan langsung beraksi dengan dua unit mobil pemadam kebakaran dan dua unit mobil tangki penyuplai air.

“Jam 7.15 saya menerima laporan terjadi kebakaran di Lawangan Daya, kami langsung menghubungi damkar dan terjun ke lokasi.”ujarnya

Petugas dapat memadamkan api, Kata budi menambahkan sekitar 2 jam lebih, petugas kita dibantu unsur TNI, Polri dan Satpol-PP

 

(Anton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here