Warga Desa Tarempa Selatan Terima Bantuan Sosial Tunai Bersumber Dana Desa

1
61

ANAMBAS, INDEPENDENNEWS.COM — Kepala Desa Tarempa Selatan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap I, pada Kamis (14/5/20) bertempat di kantor Desa Tarempa Selatan Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Penyerahan Bantuan Sosial Tunai Dana Desa (BST-DD) tahap I bulan April tahun 2020 diserahkan secara simbolis yang disaksikan oleh camat Siantan Rio Rizal, Tenaga Ahli Desa, Pendamping Desa, BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, dan tim relawan desa lawan Covid-19.

Bantuan ini adalah bantuan jaring pengaman sosial uang tunai percepatan penanganan Corona Virus Desease (Covid-19).

Dalam kesempatan itu Kepala Desa (Kades) Tarempa Selatan, Suryanto mengatakan, situasi kita saat ini sedang mewabahnya pandemi Covid-19, oleh karena itu pemerintah memberikan bantuan sosial tunai Dana Desa (BST-DD) guna meringankan beban masyarakat yang terdampak mewabahnya pandemi Covid 19.

“Ini tahap pertama untuk meringankan beban kebutuhan hidup masyarakat,” ucapnya

Bantuan yang diserahkan sebesar Rp 600.000, Kata Suryanto, dibagikan kepada warga Desa Tarempa Selatan sebanyak 135 KK.

“Bantuan ini akan diterima selama tiga bulan yakni bulan April, Mei dan Juni 2020. Dan untuk menghindari kerumunan maka perangkat Desa akan menyalurkan langsung kepada rumah-rumah warga,” ujar Suryanto.

Sambung Suryanto, ada beberapa bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat dalam menghadapi dampak pandemi Covid 19, antara lain (BST-DD, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Dari semua bantuan itu hanya satu yang bisa diperoleh warga, tidak bisa double. Untuk itu kita jelaskan agar tidak terjadi salah paham ditengah masyarakat,” jelasnya

Sementara itu, Camat Siantan Rio Rizal, pada kesempatan itu, Dia mengajak warga agar mengikuti anjuran pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan dan sosial distancing.

“Mari kita selalu melakukan apa yang diperintahkan pemerintah demi kesehatan kita ni juga,” ucapnya

Bantuan yang terima sekarang, Kata Rio, adalah bantuan Sosial tunai dari Dana Desa, dan bagi penerima kiranya bisa membantu meringankan beban warga dalam menghadapi situasi saat ini.

“Mari jaga kebersihan, cuci tangan sebelum makan dan pakai masker saat berada diluar rumah melakukan aktivitas, penyakit Corona sangat berbahaya, jangan sok hebat,” tegasnya (RS)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.