Wakil Bupati Natuna Terima Kujungan SKK Migas Sumbagut, Bahas Pengeboran Sumur Singa Laut-2 dan Kuda Laut-2.

0
95

Independennews.com, Natuna – Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menerima kujungan kerja Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Wilayah Sumatera  Bagian Utara (Sumbagut) bersama Kontraktor Kerjasama Migas, Premier Oil, Kamis ( 3/6/21) bertempat ruang rapat kantor Bupati Natuna.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati  Natuna Rodhial Huda, menyambut baik rencana pengeboran Blok Tuna yakni pada sumur Singa Laut-2 dan Kuda Laut-2.

“Kita menaruh harapan terhadap pengeboran ini berhasil, dan akan membawa nilai positif untuk pembangunan Natuna kedepan, khususnya mendorong investasi yang lebih besar dan menambah porsi Dana Bagi Hasil (DBH) Migas, itu merupakan peluang untuk Natuna dalam kegiatan ini,”ujarnya

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus mengatakan dalam pertemuan ini selain silaturahmi juga memberi update kegiatan hulu migas di Natuna. Terutama pengeboran yang akan dilakukan Premier Oil di pertengahan bulan Juni 2021 ini pada sumur Singa Laut 2 dan Kuda Laut 1.

“Secara geografis sumur ini berada di wilayah Pulau Laut Natuna, ada di tapal batas negara kita, hal ini sekaligus menjaga kedaulatan negara, kalau eksplorasi berhasil maka ada produksi untuk menjadi milik Indonesia,” ujar  Rikky.

Apabila berhasil menemukan cadangan baru, Sambung Rikky, maka akan memperbesar cadangan Migas dimasa mendatang. Sementara untuk keberhasilan proses pengeboran ini  dibutuhkan dukungan dari semua pihak.

“Kami berharap  pemerintah daerah memberi dukungan seperti meminimalisir kendala-kendala perizinan, kendala operasional di lapangan, serta kendala non teknis yang bisa menghambat pencarian dan produksi Migas. Kita berharap dukungan seluruh FKPD, karena dilepas pantai akan ada potensi gangguan dalam pengeboran. Kami berharap bila pengeboran berhasil  maka akan memberi multiflier effect bagi daerah dari segi  pembangunan Natuna dan DBH,” terangnya

Menanggapi penjelasan Rikky, Wabup Natuna Rodhial Huda mengatakan pengeboran di perbatasan akan memperkuat kedaulatan NKRI atau pengeboran lepas pantai di perbatasan merupakan soft diplomacy maritime.

“Kami akan membantu memberikan kemudahan-kemudahan perizinan. semua pihakdiharapkan  untuk membantu kelancaran pengeboran,” harap Rodhial.

Turut Hadir dalam pertemuan ini  Wakil Ketua II DPRD Natuna, Pimpinan FKPD, OPD Kabupaten Natuna, tokoh masyarakat. (AL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here