UPTD KPHP Tebo Timur Sosialisasikan Kemitraan Bagi Warga Terlanjur Berkebun di Hutan

0
977

INDEPENDENNEWS.COM, TEBO — UPTD KPHP Tebo Timur unit X Dinas Kehutanana Provinsi Jambi melaksanakan Kegiatan sosialisasi tentang perhutanan sosial pola kemitraan kepada masyarakat SP7 dan SP 8 di Balai Desa Lingga Kuamang Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo, Pada Jumat (13/19) Kegiatan tersebut langsung dipimpin Kepala UPTD KPHP Sumarjo.

Kegiatan tersebut turut sihadiri Polisi Kehutanan (Polhut) Jambi, Kapolsek Pelepat Ilir dan Camat Kecamatan Pelepat Ilir.

Kepala UPTD KPHP Tebo Timur Sumarjo SH kepada Krew media ini mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang sudah terlanjur menguasai lahan dan berkebun di dalam hutan kawasan.

Kata Sumarjo, Kegiatan Berkebun di Areal Hutan ditaur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.83/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2016
Tentang Perhutanan Sosial.

Dengan demikian dengan adanya program perhutanan sosial dan masyarakat ikut dalam program tersebut, maka kegiatan perkebunan dalam kawasan hutan menjadi legal dan terkoodinir dengan baik.

Sementara itu, Paridin penyuluh dari kehutanan menjelaskan maksud dan tujuan, serta beberapa persyaratan dan tata cara tentang pengajuan kerjasama perhutanan sosial pola kemitraan.

“Kita harapkan masyarakat yang berkebun diareal hutan dapat menerima program tersebut dan segera membentuk kelompoknya dengan menyusun format struktur kelompok. Dengan menyusun format kelompok kemitraan dapat diajukan ke Kehutanan.” katanya

Usai mendapat penjelasan secara jelas dan diteil masyarakat desa tampak antusias menerima program tersebut serta menyambut baik program tersebut.

“Kami akan segera membuat kelompok kemitraan,” ujar Salah seorang warga.(Rm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here