Tumpukan Sampah Di TPS Liar Kavling Baru Telah Dievakuasi, Warga Berikan Apresiasi

0
243
Foto : Kondisi Lokasi TPS Liar di Jalan Gereja, Kavling Baru, Kelurahan Sei Langkai, Kecamatan Sagulung Terlihat Sudah Bersih Dari Tumpukan Sampah

IndependenNews.com, Batam | Pemerintah kota Batam melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Batam melakukan evakuasi terhadap tumpukan sampah yang berada di Jalan Gereja, Simpang Kavling Baru, Kelurahan Sei Langkai, Kecamatan Sagulung.

Berdasarkan pantauan Independennews pada Jumat, (15/10/2021), di lokasi terlihat sudah dalam kondisi yang baik tanpa ada sampah yang tersisa. Hal ini tentu membuat warga serta pengguna jalan yang melintas di area tersebut merasa senang.

Salah seorang pengguna jalan, Binsar yang sebelumnya mengeluhkan keberadaan tumpukan sampah tersebut, mengapresiasi tindakan pemerintah yang sigap dalam melakukan penertiban sampah yang cukup mengkhawatirkan bagi pengguna jalan.

“Saya sangat mengapresiasi perhatian yang diberikan oleh pemerintah kota Batam terkait penanganan sampah. Saya ucapkan terimakasih banyak,” ucap Binsar saat dikonfirmasi lewat WhatsApp pribadinya, Jumat (15/10/2021).

Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Sagulung, Jamil, menghimbau masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut. Dirinya mengaku, sebelumnya TPS liar tersebut sudah ditutup sesuai dengan permintaan warga setempat.

Di samping itu, pihaknya juga telah melakukan pengawasan di lokasi tersebut selama kurang lebih 2 (dua) bulan. Namun karena adanya keterbatasan sarana dan prasarana pendukung salah satunya seperti pemberian upah bagi tim ronda sebesar Rp. 3.000.000,- membuat hal tersebut tidak lagi diperpanjang.

“Singkatnya bang, karena keinginan bersama masyarakat bahwa lokasi tersebut tidak mau dijadikan TPS sementara. Saya berharap masyarakat juga ada kesadaran untuk tidak lagi membuang sampahnya di lokasi Ex TPS Kavling Baru, agar tetap asri, bersih dan indah,” ucap Jamil saat dihubungi melalui WhatsApp pribadinya, Jumat (15/10/2021).

Lanjut kata Jamil, pihaknya juga telah membuat spanduk berisi larangan kepada masyarakat dengan harapan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di lokasi tersebut.

“Ayo masyarakat jangan lagi buang sampah di Ex TPS Kavling Baru. Karena kita juga sudah lakukan pelayanan di wilayah perumahan dan kavling yang ada di seputaran Sungai Langkai,” ajaknya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Batam, melalui Sekretaris DLH, Amjaya, mengaku, sebelumnya telah melakukan antisipasi dengan memindahkan BIN Container di lokasi tersebut agar masyarakat tidak lagi membuang sampah.

Selain itu, pihaknya juga sebelumnya telah beberapa kali memasang spanduk berisi himbauan di sekitar lokasi. Namun, spanduk tersebut hilang dan masyarakat tetap membuang sampah.

“Sebagai antisipasi kita lakukan pemindahan BIN Containernya, dengan tujuan agar masyakarat tidka lagi membuang sampah di lokasi tersebut. Kita juga sudah pernah pasang spanduk himbauan jangan buang sampah diarea tersebut, tapi spanduknya hilang, dan masyarakat tetap juga buang sampah disitu,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan demi kenyamanan lingkungan bersama.

“Mohon kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah pada tempatnya, jaga lingkungan temoat tinggal kita masing-masing untuk kenyamanan bersama.” tutupnya.(SOP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here