Tetapkan 61 Tersangka, Satgas Mafia Tanah Polri Masih Punya 89 Kasus di 2021 Untuk Dituntaskan

0
147
Foto Ilustrasi

Independennews.com, Jakarta – Satuan Petugas (Satgas) Mafia Tanah Polri menetapkan puluhan tersangka terkait kasus pertanahan yang masuk dalam program 100 hari kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi. Namun Andi tidak merinci identitas para pelaku tersebut.

“Terdapat target 37 kasus dengan total tersangka 61 orang,” kata Andi Rian saat dihubungi wartawan pada Selasa, (25/05/21) seperti dilansir viva.co.id.

Andi menyampaikan, 39 tersangka ditahan dan barang bukti dari penanganan 18 kasus sudah dilimpahkan ke penuntut umum oleh Satgas Mafia Tanah.

“Penyidik kepolisian juga telah melimpahkan 7 berkas penyidikan kasus tanah ke jaksa peneliti. Tapi, ada kasus yang juga dihentikan dengan pertimbangan penyidik dan ada satu kasus SP3 atau dihentikan (demi hukum),” tuturnya.

Selain itu, kata Andi ada 11 kasus yang masih dalam proses penyidikan oleh Polri. Akan tetapi, sudah 22 orang dari kasus yang disidik itu ditetapkan sebagai tersangka.

“Tentu, penyelesaian kasus mafia tanah akan ditargetkan akhir 2021,” ungkapnya.

Andi juga mengaku bahwa ada 89 kasus mafia tanah yang harus dituntaskan Polri sampai tahun 2021.

“Sebab, kasus ini masuk dalam 100 program prioritas Kapolri. Sehingga, penuntasannya dilakukan oleh Satgas Mafia Tanah di setiap Polda,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here