Terima Proposal Investasi Tesla, LBP : Pekan Depan Kita Akan Ketemu Mereka

0
113

 

JAKARTA, Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telah menerima proposal investasi dari perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Tesla pada Kamis, 04/02/21. Proposal tersebut selanjutya akan dipelajari lebih dalam.

“Next week kita akan ketemu mereka mendapatkan penjelasan secara resmi secara langsung,” kata Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto dalam konferensi video, Jumat, 05/02/21.

Dilansir Tempo.co, Seto mengatakan
pertemuan itu akan berlangsung secara virtual. Dan untuk saat ini belum bisa mengungkapkan rinciannya kepada publik karena Tesla adalah perusahaan publik yang cukup sensitif.

“Saya tidak bisa buka detailnya. Dari sisi mereka juga sangat sensitif. Mereka tidak mau dibuka dulu kepada publik, karena mereka perusahaan publik yang strict pada hal-hal seperti itu,” ucapnya.

“Proposal yang diajukan Tesla terkait proyek baterai lithium agak berbeda dengan yang diajukan oleh CATL dan LG Chemical” tutur Seto.

Dia juga mengatakan bahwa basis teknologi yang dimiliki perusahaan tersebut berbeda dengan dua perusahaan lainnya. Karena itu, Seto sangat tertarik untuk bekerja sama dengan Tesla.

“Boleh dibilang teknologi baterai lithium Tesla salah satu yang terbaik di dunia. Sehingga, dengan adanya investasi dari CATL dan LG, ditambah Tesla, kita bisa belajar banyak dari sini,” ungkap Seto

Untuk kerjasama itu, tambah Seto, pihaknya akan melibatkan Antam dan Inalum, kemudian selain soal baterai lithium, kerja sama lainnya yang akan dikembangkan dengan Tesla adalah Energy Storage System atau ESS.

” ESS adalah semacam baterai isi ulang dengan kapasitas besar mencapai puluhan hingga seratusan megawatt yang bisa menggantikan pembangkit ticker yang digunakan ketika permintaan listrik melebihi penggunaan rata-rata.

Sebelumnya, Luhut mengatakan pemerintah sudah enam kali menggelar video call dengan Tesla, terkait peluang berinvestasi di Indonesia. Luhut mengatakan pemerintah segera mendapatkan proposal dari Tesla mengenai rencana investasi tersebut.(S)
(sum : tempo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here