Tanaman Fanili Jadi Sumber Mata Pencaharian Masyarakat Desa Kelilik

0
63

INDEPENDENNEWS.COM, KEPAHIANG — Fanili adalah tanaman merambat yang banyak ditanam orang khususnya di daratan Eropa. Buah jenis tanaman banyak digunakan sebagai bahan pewangi makanan dan minuman. Selain itu, tanaman Fanili bagus juga loo buat investasi bagi kalangan pengusaha sekelas UKM.

Nah.., Biasanya harga buah Fanili relatif tinggi dan stabil, Fanili merupakan salah satu tanaman tahunan yang bisa menunjang ekonomi masa mendatang.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan matang dari salah satu petani tanaman Fanili di Desa Kelilik Kabupaten Kepahiang, dengan ilmu otodidak dan keterampilan yang ia dapat secara tidak sengaja tentang tanaman Fanili.

Dengan modal keterampilan itu, ia memberanikan diri untuk beralih profesi menjadi petani Fanili. Bukan hanya sebagai penjual buah Fanili saja, ia juga mengembangkan usahanya untuk membudidayakan tanaman Fanili.

Meskipun belum mendapat tanggapan lebih dari pemerintah setempat, tapi dia sangat yakin bisa mengembangkan tanaman Fanili, bahkan saat ini petani Fanili ini untuk kebutuhan sehari hari keluargannya, sudah bisa ditunjang dari hasil produksi pertanian Fanili yang dia kelola saat ini. Bahkan tidak hanya dia, tetapi sudah banyak masyarakat di Wilayah Kabupaten Kepahiang yang bercocok tanam tanaman Fanili sebagai mata pencaharian warga.

(Tia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.