Syamsudi : Disduk Capil Layani Masyarakat Jemput Bola

0
637

Lingga- Bupati lingga, H. Alias Welo mengintruksikan kepada Disdukcapil lingga untuk terus-menerus melakukan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil,  Syamsudi diruang kerjanya, selasa ( 27/2/17)

Kata Syamsudi, “ salah satu fungsi pelayanan pablik yang paling mendasar adalah memberikan hak masyarakat yakni berupa dokumen kependudukan sebagai indetitas diri seperti, KK, KTP-el, Akta dan lainnya”.

Namun karena wilayah kabupaten lingga yang sangat luas dan terdiri dari banyak pulau hal ini menimbulkam banyak kendala tersendiri ” Banyak masyarakat yang terkendala untuk mengurus dokumen kependudukannya, karena lokasi yang jauh dan butuh proses yang lama” katanya.

” persoalan di atas tersebut bisa terjawab, dengan melakukan pelayanan keliling, turun langsung kedesa-desa, ini merupapaka bentuk terobosan atau inovasi pelayanan teknis pelayanan untuk memudahkan masyarakat” ucapnya.

Untuk mempermudah pelayanan pendaftaran kependudukan dan pencatatan sipil, ( KK, KTP-el, dan Akta ) Disdukcapil melakukan terobosan dengan kegiatan jemput bola kedesa-desa, melakukan percetakan dokumen yang tidak terdata, penduduk yang belum merekam KTP-el, belum memiliki Akta kelahiran.

Sementara dalam upaya jemput bola sudah barang tentu harus didukung dengan perangkat keras dan lunak, agar dalam melaksanakannya dapat berjalan dengan baik. Untuk perangkat lunak seperti ( soft kopy) harus di install dengan aplikasi SIAK, serta pembuatan KK dan Akta serta Aplikasi Bcard untuk merekam KTP-E.

Untuk itu,  Disdukcapil lingga bekerjasama dengan mendatangkan Tenaga Teknisi dari direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, ” sehingga bisa melakukan proses pengimputan data perekaman KTP-el, dan percetakan dokumen kependudukan ditempat” ujarnya.

” itulah bentuk inovasi pelayanan yang dikembangkan dalam pelayanan turun langsung kedesa-desa, database kependudukan yang semangkin akurat dan menyeluruh” terang Syamsudi. ( joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here