“SITUMALAS” Technologi Masalalu Insprasi Technogi Masa Kini Dipajang

0
141

ASAHAN, INDEPENDENNEWS.COM –Pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini mempengaruhi segala aspek kehidupan. Tak terkecuali dunia konstruksi, yang juga turut terpengaruh oleh perkembangan teknologi.

Berbagai riset dan kajian terus dilakukan, semata-mata untuk memenuhi kebutuhan zaman yang kian cepat dan efisien. Salah satu perkembangan teknologi yang berperan besar dalam menggeser peradaban manusia menuju zaman modern sekarang ini adalah teknologi alat berat.

Kemajuan-kemajuan yang dicapai di zaman modern ini tidak bisa dipisahkan dari peranan alat berat. Alat berat terlibat pada berbagai pekerjaan penting yang mustahil dilakukan dengan tenaga manusia saja.

Alat-alat berat telah membantu mengubah wajah planet bumi menjadi lebih baik dan nyaman bagi kehidupan umat manusia, walaupun tidak bisa dipungkiri banyak juga kerusakan alam yang disebabkan alat berat.

Sayangnya, tidak semua alat berat dapat beroperasi dengan baik secara terus menerus, bahkan dengan perawatan yang maksimal, alat berat tetap akan mengalami penurunan performa yang berujung pada kerusakan.

Belum lagi, munculnya generasi-generasi alat berat baru yang lebih modern, efektif dan efisien, menyebabkan alat berat versi lama harus terima kenyataan untuk “dipensiunkan”.

SITUMALAS. Ini bukanlah ungkapan untuk menyatakan tabiat seseorang, tapi sebutan untuk sebuah alat berat bernama Compactor dengan jenis Vibratory Roller.

Dengan perkembangan teknologi yang ada, Situmalas juga turut berevolusi baik dalam bentuk maupun pengembangan fungsinya. Berbagai perusahaan konstruksi maupun instansi pemerintahan saat ini juga telah menggunakan Situmalas atau Compactor jenis Vibratory Roller dengan versi terbaru.

Di Kab. Asahan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tercatat sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang paling banyak menggunakan “jasa” Situmalas.

Munculnya berbagai versi terbaru dari alat berat yang berfungsi untuk memadatkan tanah atau material sedemikian rupa tersebut juga sebabkan beberapa Situmalas versi lama yang dimiliki Dinas PUPR Kab. Asahan dipensiunkan.

Sebagai bentuk kepedulian dalam melestarikan perjalanan sejarah alat berat tersebut, Dinas PUPR restorasi salah satu Situmalas versi lama menjadi semacam memorial yang menghias halaman Dinas yang berkantor di Jl. Mahoni No. 29 Kelurahan Mekar Baru tersebut.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengabadikan sepenggal kisah alat berat yang telah berikan kontribusi bagi pembangunan di Kab. Asahan. Karena selain menambah nilai estetika, mendisplay Situmalas versi lama diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi muda untuk melihat alat berat tua yang pernah digunakan oleh Dinas PUPR.(SP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.