Sambut Hari Lingkungan Hidup, DPC LSM IDLH Pelalawan Laksanakan Kegiatan Penanaman Pohon

0
191

PELALAWAN, INDEPNDENNEWS.COM--Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup dan sekaligus menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 75 Tahun, pengurus Dewan (DPC) Indonesia Duta Lungkungan Hidup (IDLH) Kabupaten Pelalawan, melakukan kegiatan penanaman pohon penghijauan.

Adapun kegiatan penanaman pohon (penghijauan) dilaksanakan di dua tempat berbeda diantaranya di SMK Negeri 1 Pangkalan kerinci dan di SD Negeri 005 Makmur Pangkalan Kerinci, yang dilaksanakan pada hari, Jumat (14/08/2020).

BACA JUGA : Polsek Palmatak Bagikan Beras Bagi Warga Terdampak Covid

Pada kesempatan penanaman pohon penghijauan tersebut, Ketua DPC IDLH Kabupaten Pelalawan Pranseda Simanjuntak, SH dan didampingi Sekretaris DPC IDLH Kabupaten Pelalawan, Suawanto, S.Sos, menyampaiakan, bahwah kegiatan penanaman pohon buah matoa, dan kelengkeng  yang di laksanakan oleh IDLH adalah sebagai bentuk keperdulian DPC IDLH Kabupaten Pelalawan terhadap lingkungan.

“Adapun penanaman pohon penghijauan yang kami laksanakan hari ini, untuk memperingati hari lingkungan hidup sekaligus menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian dari kami pengurus DPC IDLH Kabupaten Pelalawan terhadap lingkungan,” ucapnya.

BACA JUGA : Oknum Tenaga PTT Kantor Camat Singkep Pesisir Diamankan Polisi, Diduga  Bandar Siejie

Tambahnya, “Sengaja kami memilih menanam pohon penghijauan jenis matoa dan juga pohon kelengkeng. Karena selain berguna untuk penghijauan juga buahnya dapat dinikmati anak-anak kedepannya,” tambahnya.

Lebih lanjut Pranseda mengatakan, “Mengigat dampak dari pemanasan global saat ini, merupakan suatu kenyataan yang telah kita rasakan bersama. Seperti terganggunya ekosistem dalam kondisi cuaca yang ekstrim. Bahkan kegiatan menanam pohon merupakan upaya yang harus kita dukung dan sukseskan bersama. Karena penanaman pohon akan memberi kontribusi untuk menurunkan tingkat emisi dalam mencegah terjadinya bencana alam, banjir dan tanah longsor, ” ujarnya.

BACA JUGA : PT. Adei Plantation And Industry Bayar Denda Pidana Pembakaran Lahan Hutan

Kegiatan yang dilaksankan DPC IDLH Kabupaten Pelalawan ini mendapat sambutan baik dari Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci, Nurasiah, M.Pd,. Melalui Wakil Kepala Sekolah, Bapak Rian Pane, menyampaiakan
apresiasi terhadap kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh LSM DPC IDLH Kabupaten Pelalawan.

“Mengenai kegitan ini, saya mewakili SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci, sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas bantuan penanaman pohon  yang di lakukan oleh IDLH. Karena penanaman pohon ini semakin  menambah peghijauan di SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci,” ujar Rian Pane.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kepala Sekolah SD Negeri 005 Makmur, Ibu Sarastri, S.Pd. “Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh LSM IDLH ini sangat membantu kami pihak sekolah. Berhubung SD Negeri 005 juga punya program untuk merawat Lingkungan dengan Motto, Bersinar,
– Bersih
– Sehat
– Nyaman
– Rindang,” ucap Sarastri, S.pd.

Tambahnya lagi, “Kegiatan hari ini merupakan salah satu dukungan dari IDLH kepada kami pihak sekolah SD Negeri 005 Makmur. Dalam hal ini saya mewakili SD Negeri 005 Makmur, mengucapakan terimakasih kepada segenap pengurus DPC LSM IDLH Kabupaten Pangkalan Kerinci,” tutupnya diakhir kegiatan.(Harris)

Editor : Lukman Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here