Richard Pasaribu Dorong Generasi Milenial Perkuat Literasi Nilai Luhur Pancasila dan UUD 45

0
117
Foto : Anggota DPD RI, Perwakilan Kepri, Dr. Richard Pasaribu dalam acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI kepada Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Batam, pada Sabtu Kemaren (13/11/2021) di Batam.

IndependenNews.com, Kepri | Memasuki era revolusi Industry point 4.0. Masa depan Indonesia ditentukan oleh peran aktif generasi milenial dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi informasi.

Generasi milenial dituntut untuk bersikap adaptif, kritis, observatif, luwes, dan visioner agar mampu bertahan dalam konteks persaingan global.

“Generasi Milenial adalah motor perubahan, oleh sebab itu harus unggul dalam beradaptasi dengan transformasi digital 4.0.” ujar Anggota DPD RI, Perwakilan Kepri, Dr. Richard Pasaribu dalam acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI kepada Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Batam, pada Sabtu Kemaren (13/11/2021) di Batam.

Dikatakan Richard Pasaribu, keutuhan Indonesia sebagai satu bangsa, sedang dalam bahaya, ketika ada sekelompok orang memanfaatkan teknologi informasi untuk menyebarluaskan ajakan, seruan, hasutan, atau propaganda yang belum tentu kebenarannya.

“Saat ini masyarakat dengan mudah percaya ketika ada sekelompok orang menyebarluaskan ajakan, seruan, hasutan atau propaganda yang belum tentu kebenarannya. Kondisi ini, cukup mengkhawatirkan terutama apabila tujuannya untuk memecah kesatuan kita sebagai satu bangsa,” kata Richard.

Richard Pasaribu jug menyampaikan bahwa generasi milenial memiliki peran penting dalam membentuk opini publik yang positif untuk meningkatkan semangat kebangsaan di tengah-tengah masyarakat.

Apalagi generasi milenial, sambung Ricard Pasaribu, sangat erat dengan internet, kelompok orang yang mengkonsumsi, berbagi dan mendiskusikan informasi melalui medium digital, terutama media sosial.

“Generasi milenial harus memiliki kemampuan literasi yang kuat tentang nilai-nilai luhur Panca Sila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dan mempunyai ketekunan melakukan verifikasi atas informasi negatif yang disebarluaskan,” jelas Richard.

Ricard Pasaribu menambahkan, pengamalan nilai-nilai 4 Pilar diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai NKRI melalui tekad yang kuat untuk membangun negeri.

“Generasi milenial sebagai penerus bangsa, calon pemimpin di masa depan tidak boleh berhenti untuk mencintai Indonesia,” pungkas Richard.

Sementara Ketua GMKI Cabang Batam, Binsar Halomoan Pasaribu mengapresiasi langkah DPD RI yang melibatkan kelompok mahasiswa dalam penyelenggaraan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI.

“GMKI menyambut dengan antusias ketika dijadikan sebagai kelompok sasaran penyelenggaraan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI. Bukan hanya anggota GMKI, kami yang hadir saat ini juga mewakili unit kegiatan mahasiswa Kristen yang ada di berbagai kampus di Kota Batam,”Tutup Binsar.(Red/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here