Putri Ketua MPR RI Bamsoet, Sabet Juara 4 Indonesia Drift Series Round 1 and Round 2 di Ajang IIMS 2024

IndependenNews.com | JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Indonesia Drift Series (IDS) Round 1 and Round 2, di ajang IIMS pada 17 – 18 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Di kelas Women Drift Challange (WDC) salah satu puteri Bamsoet, Saras Shintya Putri, berhasil meraih posisi keempat. Posisi pertama diraih Sayaka Shimoda (Jepang), disusul Ayuni Widya Kusuma (Korea) di posisi kedua, dan Revey Vamella (Indonesia) di posisi ketiga.

“Selamat untuk para pemenang, termasuk untuk puteri saya, Saras Shintya Putri, yang selalu membuat bangga keluarga karena berhasil meraih podium di berbagai event IDS pada tahun 2023 lalu, dan dilanjutkan di event pembuka tahun 2024 ini. Selamat juga untuk Akbar Rais, pelopor IDS, yang pada tahun 2024 ini berkolaborasi dengan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS),” ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (19/2/24).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, IDS 2024 mempertandingkan 3 kelas. Selain WDC, ada juga kelas Pro dan Pro2. Total pesertanya mencapai 44 peserta, selain drifter dari Indonesia juga ada perwakilan drifter dari Jepang, Malaysia dan Korea.

“Sejak pertama kali dilaksanakan pada 2021, IDS telah menjadi rumah bersama untuk lebih dari 100 drifter dari berbagai kelas untuk tumbuh dan berkembang, termasuk bagi para drifter wanita. Konsistensi penyelenggaraan IDS, akan menjadikan drifting semakin berkembang, baik dari sisi penyelenggaraan maupun dari sisi prestasi,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum FKPPI dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila serta Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia ini menerangkan, IDS 2024 akan menjadi lebih meriah tahun ini dengan menjadi tuan rumah D1 Grand Prix Southeast Asia Series. Di tahun ini pula, untuk pertama kalinya IDS didukung oleh Agen Pemegang Merek (APM) otomotif, yakni perusahaan otomotif asal Jepang Subaru.

“Subaru Indonesia menjadi sponsor resmi IDS dengan Subaru BRZ yang menjadi official car Women Drift Challenge, Subaru WRX Wagon yang menjadi safety car, hingga dukungan terhadap atlet drift PRO Class Ziko Harnadi dari Garasi Drift untuk project BRZIKO,” ujar Bamsoet.

Sebagai informasi, Putri Bamsoet Chacha bukanlah nama baru di dunia balap. Sebelum meraih podium ketiga di IDS 2023 Putaran 3, ia juga berhasil meraih Juara IV dalam kategori WDC Amateur pada IDS 2023 Putaran 2 yang digelar Juli 2023 di Sirkuit J99 Maxx Karawaci, Tangerang. Kesuksesan ini kemudian dilanjutkan pada event NDS Lite Round 3, di APDCrew Circuit, Serdang, Malaysia, Juli 2023, di mana Cacha kembali meraih Juara IV kategori Womens Drift Challenge.

Prestasi Chacha tidak hanya mencerminkan bakat dan dedikasinya dalam balap mobil, tetapi juga pesan penting tentang kesetaraan gender dalam dunia balap. Bamsoet sendiri merasa bangga atas pencapaian putrinya dan peserta perempuan lainnya dalam menunjukkan bahwa dunia balap bukanlah milik eksklusif para pria.

Prestasi Chacha lainnya adalah Juara 4 dalam kategori Women’s Drift Challenge (WDF) Amateur 2023. (*)

You might also like