Presiden Jokowi Lantik Ansar-Marlin, Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid 19 Target Utama

0
171

 

INDEPENDENNEWS.COM, JAKARTA – Gubernur H Ansar Ahmad dan Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina akan memulihkan ekonomi Kepri. Selain itu, penanganan pandemi Covid-19 yang semakin serius agar berbagai aktivitas ekonomi dan sosial berjalan dengan baik.

“Kami bersama Wakil Gubernur dan seluruh stakeholder di Kepri akan berusaha secepat mungkin melakukan usaha-usaha recovery ekonomi,” kata Ansar di Istana Negara, Jakarta Kamis (25/2) dikutip dari laman resmi pemprov kepri.

Ansar yang didampingi Marlin usai dilantik Presiden Joko Widodo. Ansar dan Marlin dilantik bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Bengkulu. Pelantikan itu dilakukan dalam pengambilan sumpah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2021 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Kepri dan Bengkulu.

Dalam kesempatan itu, Ansar menyampaikan fokus dia pada dua hal. Pertama penanganan Covid-19 dan recovery ekonomi.

Menurut Ansar, Kepri pernah mencapai pertumbuhan ekonomi hingga delapan persen. Dengan Batam menjadi lokomotif ekonominya. Namun karena Covid-19, sebagian besar aktivitas ekonomi Kepri yang berorientasi eksport dan pariwisata mengalami penurunan. Penurunan pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan.

Untuk memulihkan ekonomi, kata Ansar di antaranya dengan membangun subsistem pelayanan birokrasi yang baik. Mereka juga akan memberikan relaksasi-relaksasi insentif bagi pelaku investasi di Kepri. “Ini sejalan dengan pemerintah pusat yang juga memberi relaksasi-relaksasi investasi,” kata Bupati Bintan 2005-2015 ini.

Dalam menyambut dan mengimplementasikan UU Cipta Kerja, kata Ansar, Kepri pun akan melakukan hal yang sama. Ini semua dilakulam agar lebih cepat melakukan pemulihan ekonomi. Salah satunya dengan mengundang investasi sebanyak banyaknya ke Negeri Segantang Lada ini.

Ansar menambahkan, jika tentang ekonomi, pihaknya juga berbicara eksistensi UMKM. Akan ada program kemitraan UMKM dengan berbagai usaha termasuk usaha menengah besar. Semua itu fokus dilakukan dengan intensif.

Faktor keamanan dan budaya juga mendapat perhatian besar Ansar-Marlin. Menurut Ansar karena Kepri merupakan wilayah perbatasan maka pihaknya konsen juga menjaga daerah ini sebagai wilayah NKRI. Kepri yang berbatasan dengan negara tetangga, mendorong pihaknya akan meningkatkan intensitas pengamanan di laut dan di udara bersama TNI dan Polri. “Agar kita bisa bersama-sama menjaga keutuhan dengan semua potensi yang ada,” kata Ansar.

Sebagai Bunda Tanah Melayu, Ansar menambahkan, semua yang dilakukan akan berpayung pada khazanah Budaya Melayu. Budaya akan menjadi faktor pendorong semangat membangun Kepri ke depan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here