Polsek Singkep Barat Lakukan Pengamanan Bimtek Panita Pemilihan Kecamatan 

0
317

LINGGA, INDEPENDENNEWS.COM–Polsek Singkep Barat lakukan pengamanan bimbingan teknis Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan suara (PPS), se-Kecamatan Singkep Barat dan Kecamatan Kepulauan Posek yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Kuala Raya, Kecamatan Singkep Barat, Sabtu (04/07/2020).

Kapolsek Singkep Barat, IPTU Idris menyampaikan, bahwa Pengamanan yang dilakukan oleh Polri bertujuan untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif dalam kegiatan masyarakat.

“Dalam agenda Pilkada 2020 Kabupaten Lingga khususnya di wilayah Kecamatan Singkep Barat dan Kecamatan Kepulauan Posek, hadirnya Polri ditengah – tengah masyarakat sebagai wujud nyata Polri sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat,” ucapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut PPK dari Kecamatan Singkep Barat dan Kecamatan Kepulauan Posek, 12 Orang dan PPS wilayah Kecamatan Singkep Barat dan 60 orang dari Kecamatan Kepulauan Posek.

Komisioner KPU Kabupaten Lingga Rio Akmal Bukit mengatakan, Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada tahapan program dan jadwal pelaksanaan tahapan pemilihan serentak pada tanggal 9 Desember mendatang.

Materinya mengenai program dan jadwal Pilkada 2020 yaitu PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota.

“Segala kegiatan Panitia Pilkada harus tetap mengutamakan pencegahan penularan Covid 19 dengan menggunakan protokol kesehatan. Proses Rekrutmen PPDP dilaksnakan oleh PPS yang mengusulkan melalui PPK kepada KPU. Proses Rekrutment PPDP tgl 24 Juni s/d 14 Juli 2020,” jelasnya.

Lanjutnya lagi, “Masa Kerja PPDP tgl 15 Juli s/d 13 Agustus 2020. PPDP diangkat dan diberhentikan dengan Kep KPU. Tugas PPDP adalah untuk pemutakhiran data pemilih. 1 Petugas PPDP menangani 1 TPS untuk pemilih sampai dengan 500 orang. PPDP dapat berasal dari RT/RW, tokoh, warga Desa yang diusulkan kepada KPU. PPDP di harapkan dapat bersifat independent. Usia dari PPDP antara 20 s/d 50  tahun,” papar Rio Akmal Bukit.

Tambahnya, “Bimtek ini dilaksanakan dalam dua sesi. Masing – masing sesi untuk tiap kecamatan dari dua Kecamatan dan 15 Desa/Kelurahan yang ada di Kecamatan Singkep Barat dan Kecamatan Kepulauan Posek. Yang hadir dalam kegiatan Bimtek ini Ketua dan anggota berjumlah tiga orang dan ketua serta tiga orang anggota PPK,” terangnya.(Erwin S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here