Polsek Bersama UPTD BLUD Puskesmas Lubuk Baja Gelar Vaksinasi Dosis Pertama

0
652

Independennews.com, Batam – Polsek Lubuk Baja bekerja sama dengan UPTD BUD Puskesmas Lubuk Baja menggelar vaksinasi dosis pertama di Polsek Lubuk Baja, Kecamatan Lubuk Baja, Senin (02/8/21).

Pelaksana kegiatan vaksinasi, Nanda Ismayanti, mengatakan bahwa, jenis vaksin yang digunakan yakni vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca sebanyak 10 vial dengan total 114 dosis.

“Vaksin dosis pertama ini menggunakan vaksin jenis AstraZeneca dengan jumlah 10 vial dan total 114 vaksin diberikan kepada masyarakat umum dan termasuk keluarga Polsek Lubuk Baja,” kata Nanda ketika di konfirmasi usai melaksanakan vaksinasi.

Di samping itu, dikatakan Nanda, untuk jumlah tenaga kesehatan (nakes), Polsek Lubuk Baja mengerahkan 6 orang nakes dari UPTD BUD Puskesmas Lubuk Baja. Ia juga melaporkan tidak ada kendala yang dihadapi saat vaksinasi berlangsung.

Lanjut kata Nanda, sebelum melakukan proses vaksinasi, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi, pendaftaran oleh Polsek Lubuk Baja dan kemudian dilakukan screening untuk mengidentifikasi pasien layak atau tidak untuk menerima vaksin.

“Kalau lolos memenuhi syarat, baru kita vaksin dan setelah vaksin kita akan input data di bagian entri data untuk mendapatkan sertifikat setelah itu baru kita observasi dan setelah observasi 15 menit baru boleh pulang,” terang Nanda.

Untuk tahapan screening, Nanda menyebutkan ada 4 orang yang tidak lolos yakni 2 orang penderita hipertensi (darah tinggi), 1 orang kurang sehat dan 1 orang terkena Covid-19.

“Untuk warga yang pernah terkena Covid-19, disarankan untuk menunggu selama 3 bulan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Polsek Lubuk Baja, AKP Felix Mauk, menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi tersebut merupakan instruksi dari Polresta Barelang kepada seluruh kecamatan di Kota Batam termasuk Kecamatan Lubuk Baja.

Kegiatan tersebut kata Felix, dalam rangka mengejar target vaksinasi di Kota Batam yakni sebanyak 70% sesuai dengan amanat Wali Kota Batam, Muhammad Rudi beberapa waktu yang lalu.

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap seluruh masyarakat Batam dapat divaksin untuk menekan laju pertumbuhan virus Covid-19.

“Melalui kegiatan ini, harapannya semua masyarakat kota Batam dapat divaksin. Sesuai dengan program pemerintah kota Batam, 70 persen harus sudah divaksin, itu yang dikejar oleh Wali Kota Batam,” tutup Felix.(SOP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here