Pisah Sambut Danlanal Batam, Kolonel Laut Iwan Setiawan SH Undur diri, Ini Pesannya

0
1295

Batam, Independennews.com — Pisah sambut Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan SH, kepada Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, SH. Msi, dilangsungkan pada Selasa (20/3/19) bertempat di Mako Lanal Batam, Batu Merah, Kepulauan Riau.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Batam yakni Walikota Batam Rudi SE, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto SH, Kapolres Barelang Kombes Pol Hengky dan sejumlah tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanal (E) Batam, Kolonel Laut Iwan Setiawan SH disela acara kepada Media menyampaikan bahwa selama dia menjabat sebagai Komandan Lanal Batam Banyak hikmah yang bisa dia petik.

“Saya merasakan ada hubungan yang baik dengan berbagai institusi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) kota Batam dan juga kepada jajaran Lanal Batam, kemudian hubungan baik dengan institusi yang terkait,” Kata Iwan

Sehubungan dengan berakhirnya masa jabatannya sebagai Danlanal Batam, Kepada Komandan yang baru Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, SH Msi. Dia berharap kedepan juga bisa bersinergi dengan baik.

“Saya harapkan apa yang sudah saya lakukan, hubungan baik, sinergitas bisa ditingkatkan lagi, seperti hubungan antara anak dan bapak terpelihara dengan baik, begitu pula dengan rekan wartawan harus terjalin hubungannya.
Dan artinya apa yang saya dapatkan kesimpulannya, hal yang baik, itu bisa diberikan kepada komandan yang terlibat.” tutur Iwan

Lanjut Iwan mengatakan, sama dengan tugas yang diberikan sebelumnya dari komandan ke komandan, dan fungsi utama adalah mendukung operasi di laut. Meskipun lanal punya operasi terbatas, tapi harus tetap maksimal artinya kegiatan yang akan dilakukan di laut akan banyak.

Disinggung terkait kasus yang ditanganinya selama menjabat sebagai Danlanal Batam, Iwan mengatakan Kasus yang paling banyak diungkap ialah kasus narkoba.

“Terakhir kali saya sertijab, saya dapat tangkapan baby lobster yang nilainya cukup fantastik. Saya kira itu harus dilanjutkan, ini semua berkat informasi dari masyarakat, dan kerjasama dengan media, jadi tugas itu harus jalan terus.”ucapnya

Dia juga mengatakan bahwa dalam kurun waktu 1 Tahun 3 Bulan menjabat sebagai Danlanal Batam, kasus yang ditanganinnya mencapai 33 kasus dan penanganannya sudah mencapai 80 persen, sisanya 20 persen tinggal melanjutkan, itu sudah berproses.” ungkapnya.

Sementara itu, dalam penanganan kasus besar, Kata Iwan bahwa dalam penenanganan kasus besar yang ditanganinya memiliki tantangan dan konsekuensi.

“Mungkin kalau hal yang besar, dari sisi tugas itu bisa dianggap besar dan bagi teman teman yang lain mereka yang bersangkutan, akan mengalami kerugian yang maksimal, itukan tentu sakit hati. bisa aja ada upaya upaya seperti fitnah, dan saya harap itu harus ada kerjasama untuk saling menjaga. Pengalaman terberat ialah penangkapan narkoba karena kasus narkoba yang utama, bahkan pelaku ada yang sudah kami tembak mati. Mafia narkoba dilaut bermacam pola yang kerap berganti dan pola terputus, hal itu menyulitkan penangkapan dilaut, ada tingkat kesulitan yang tinggi dan resiko tinggi karena mereka tau hukumannya adalah hukuman mati.”Tuturnya

Iwan menambahkan, tugas kita selain pengamanan di Laut ada juga yang tidak kalah penting yakni pengamanan pemilu yang sebentar lagi akan kita laksanakan.”Ujarnya (B7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here