Peternakan Ayam Timbulkan Hama Lalat Hijau Ganggu Masyakat Sekitar

0
320

 

HAMPARAN PERAK, Peternakan ayam milik Aseng di Dusun 1, Desa Hamparan Perak, Kec.Hamparan Perak, Kab.Deli Serdang sangat meresahkan masyarakat. Pasalnya peternakan ayam itu menghadirkan lalat hijau di pemukiman warga.

“Lalat hijau berterbangan disetiap sudut perkampungan, terlebih ketika warga sedang makan banyak lalat hijau berterbangan, sehingga sangat mengganggu warga,”ujar Jirin kepada media, Selasa (12/1/2021).

Dikatakan Jurin, peternakan ayam milik Aseng di Dusun 1, Desa Hamparan Perak yang telah beroperasi puluhan tahun, namun dia menduga peternakan milik aseng tak mengantongi izin.

“Keberadaan serangga lalat berasal dari peternakan ayam milik Aseng di Dusun 1, Desa Hamparan Perak, kita minta peternakan terswbut ditutup, sebab sudah sangat mengganggu warga,^ ujar Jurin dengan nada kesal

Hal senda disampaikan Wak Syukri (71) warga Dusun 2 Sei Baharu, masyarakat yang tinggal disekitar peternakan atau di dusun 1 dan Dusun 2 terganggu oleh serangga lalat.

“Kami merasa kesal karena seakan kami setiap saat panen lalat. Ribuan serangga lalat ini sangat menjijikan, kadang masuk ke tudung saji makanan di rumah,” kata wak Syukri

Menurut informasi, Kata Wak Syukri, penyebab timbulnya serangga lalat ini sebagai imbas dari ternak ayam milik Aseng. Keberadaan seranggga lalat ini ada dimana-mana sehingga
mengganggu masyarakat.

Ditempat terpisah, informasi yang diperoleh media ini, bahwa pihak Kecamatan Hamparan Perak telah berulangkali menyurati pengusaha bernama Aseng, namun pemilik peternakan ayam itu enggan menutup usahanya.

Menanggapi keluhan warga dusun 1 dan dusun 2 Kecamatan Hamparan Perak, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang Hartini Marpaung saat dihubungi melalui selularnya kepada Media mengatakan, pihaknya akan segera menurunkan anggotannya ke Peternakan Ayam milik Aseng.

“Secepat mungkin tim kami bakal mendatangi peternakan ayam milik Aseng,” ujar Hartini Marpaung melalui telepon selulernya.(MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here