Pemko Batam Sampaikan Laporan LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2020, Sekaligus Pemilihan Pimpinan Pansus

0
120

 

Independennews.com, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyampaikan Laporan LKPJ akhir Tahun Anggaran 2020 sekaligus pembentukan pansus yang di gelar melalui Rapat Paripurna DPRD Kota Batam, Selasa (30/3/21) bertemoat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Batam.

Wakil Wali Kota Batam, Amsikar dalam menyampaikan hasil LKPJ, menyebutkan bahwa Covid-19 sangat berpengaruh terhadap pendapatan daerah, dimana terjadi perubahan dana alokasi yang seharusnya dipergunakan di pusat menjadi digunakan di daerah.

“Target pendapatan pada Tahun Anggaran tahun 2020 sebesar 2,65 Triliun terealisasi sebesar 2,57 Triliun (97%) dari target. Sedangkan target pendapatan asli daerah Kota Batam Tahun Anggaran 2020 sebesar 1,32 Miliar dengan realisasi sebesar 976 Miliar (94,5%) dari target,” ungkapnya

Selain itu, Amsikar juga menyebutkan bahwa terdapat 20% pengalokasian anggaran dari total anggaran bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas di bidang pendidikan, serta 10% digunakan untuk peningkatan kualitas dan aksesibilitas pelayanan kesehatan dari total belanja langsung.

“Penggunaan belanja dilakukan dalam rangka, penyelenggaraan urusan wajib dan pilihan yang telah ditetapkan dalam prioritas pembangunan Kota Batam,” tambahnya.

Kesempatan tersebut juga digunakan sekaligus pembentukan Panitia Khusus (Pansus). Pimpinan sidang memberikan waktu 5 menit kepada pada anggota pansus untuk merundingkan pemimpin mereka. “Saya beri waktu 5 menit untuk memilih pimpinan Pansus yakni 1 Ketua dan 1 wakil dimulai dari sekarang,” ungkap Pimpinan sidang.

“Kami memilih pak Mustofa dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan Rubina Sitohang dari fraksi Hanura,” ungkap salah seorang anggota pansus membacakan hasil rundingan mereka.

Pada kesempatan yang sama, Pengacara Bampemperda saat diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutannya mengungkapkan “Tadi rapat konsultasi, tapi karna pimpinan sementara blm ada ditempat, kita tunda, nanti di paripurna berikutnya akan kita laporkan ,” ungkapnya.

“Agenda penerapan akan disampaikan pada rapat paripurna berikutnya. Rapat paripurna ke 6 DPRD kota Batam saya nyatakan berakhir dan ditutup secara resmi,” tutup Ketua sidang (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here