Pemkab Natuna Bekali Satlinmas, Wacana Ikut Operasi Satpol PP

0
329

Natuna, Independennews.com –Pemkab Natuna menggelar kegiatan Sosialisasi Pembekalan Dalam wacana mengikutserkan Anggota Satlinmas Dalam Kegiatan Operasi Satpol PP Kab. Natuna, Jumat (14/9/18) bertempat di Ruang Serbaguna Kantor kelurahan Ranai Darat – Natuna.

Lurah Ranai Darat, Awang Natuna S. STP dalam kesempatan itu mengatakan bahwa ketertiban umum dan ketentraman di masyarakat diharapan RT, RW dapat selalu mengawasi lingkungannya seperti kos – kosan yang diindikasi menjadi tempat perkumpulan agar mewajibkan lapor 2 x 24 jam.

“Dengan adanya Sosialisasi linmas ini, saya berharap setiap anggota linmas dapat memahami tugas dan fungsinya.” ujarnya singkat

Kabid Linmas Satpol PP, Nanang Agus Hidayat ST. MM dalam Paparan materi yang di sampaikannya mengatakan bahwa Tugas Satpol PP pada PP No 6 Th 2010 yang telah diubah menjadi PP no 16 th 2018 yaitu Penegakan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan menyelenggarakan ketentraman masyarakat, menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

“Tugas Satlinmas yang populer saat ini hanya satu yaitu membantu pengamanan pelaksanaan Pemilu dan sifatnya 5 tahun sekali. Menyangkut tugas yang utama sebenarnya Satlinmas membantu penyelenggara ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, membantu penanggulangan bencana, membantu pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan, dan ikut serta dalam upaya bela negara. Satlinmas ini merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah desa atau kelurahan melalui perekrutan, selanjutnya dilantik Bupati melalui Kasat Pol PP sesuai dengan Permendagri No 84 tahun 2012.

“Terkait dengan keterlibatan anggota satlinmas dalam kegiatan operasi tidak seperti Satpol PP 1 X 24 jam, paling tidak pada saat Patroli. Diharapkan kedepanya Satlinmas dapat memahami dalam segala tugas yang dilaksanakan yang berinteraksi dengan satpol PP, sekaligus pembekalan yang sesungguhnya.

Kabid Trantibum Satpol PP, Zainal Abidin memaparkan bahwa Satpol PP memiliki tugas dan fungsi dalam penegakan perda, perkada dan penyelenggara ketertiban umum, ketentraman masyarakat dan perlindungan masyarakat. Upaya awal yang dilakukan merupakan deteksi dini dan cegah dini.

“Kepada seluruh masyarakat yang mendapat gangguan dapat melapor dikantor satpol PP. Kami memiliki tugas operasional Pengamanan rumah dinas, pengawalan pejabat daerah, Patroli ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.” Ujarnya

Lanjutnya, Bagi Satlinmas yang berada di RT RW dapat langsung mengawasi segala kegiatan yang ada diwilayahnya. Satlinmas merupakan perpanjangan Satpol PP.

“Saya mengajak RT dan RW agar mengawasi dan menyampaikan pada pemilik kos – kosan yang ada diwilayah bapak agar tidak ada penyimpangan.”katanya

Sekretaris Damkar, H. M Amin mengatakan bahwa kebakaran lahan Rawan di daerah kita.

“Karena itu, Kami berharap RT, RW dan satlinmas dapat juga mengawasi dan melaporkan, dengan layanan call Damkar *0773 31113*

Perlu diwaspadai kabel arus listrik didalam rumah yang sudah tidak baik lagi digunakan, lilin dan kompor.” ujarnya

Hadir dalam kegiatan itu, Kabid Linmas Satpol PP, Nanang Agus Hidayat ST MM, Kabid Trantibum Satpol PP, Zainal Abidin, Sekretaris Damkar, H. M Amin, Kasi Linmas Satpol PP, H. Hasanudin, Kasi Bina Potensi Masyarakat Satpol PP, Said Muhcdar S. Sos, Kasi Penegakan & Penindakan Satpol PP, Edi Yohanes, Lurah Ranai Darat, Awang Natuna S. STP, Babinsa Ranai Darat Serma M. Hasibuan, Anggota Linmas 16 orang, Anggota Tim Pembekalan, perangkat RT dan RW dikelurahan Ranai Darat. (Firmandani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.