Modus COD Lewat Facebook, 4 Pencuri Sepeda Motor Diringkus Polisi

0
45

IndependenNews.com, Batam | Empat orang pria inisial W, D, AI dan F tersangka pencurian dan penggelapan sepeda motor di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) berhasil diringkus oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Kepri, Rabu (27/07/2022).

Dalam menjalankan aksinya, keempat tersangka bekerja sama dengan melakukan modus Cash on Delivery (COD) atau pembayaran ditempat terhadap calon korban melalui grup Forum Jual Beli (FJB) Batam yang ada di platform media sosial Facebook.

Wakil Direktur Kriminal Umum (Wadirkrimum) Polda Kepri, AKBP Ari Baroto mengatakan, tersangka AI berperan mencari calon korban lewat grup FJB dan menentukan waktu dan lokasi COD, W dan D melakukan modus COD yang dimanfaatkan untuk melakukan pencurian, dan tersangka F bertugas menerima dan membayar motor hasil pencurian tersebut.

“Dalam melakukan perbuatannya yakni menerima hasil penjualan hasil penggelapan tersebut, dia (F) juga mengaku sebagai anggota TNI,” tutur Ari dalam konferensi persnya di Mako Polda Kepri, Rabu (27/07/2022).

AKBP Ari menyebutkan, untuk tersangka W dan D berhasil diamankan pada Senin, 25 Juni 2022. Sementara AI dan F berhasil diamankan dua hari kemudian. Kasus ini kata AKBP Ari sudah masuk sebagai laporan polisi di Polsek Batam Kota sebanyak 2 laporan, dan satu laporan lagi di Polda Kepri.

Dari tangan pelaku, pihak kepolisian berhasil mengamankan barang bukti berupa sejumlah kartu ATM, Buku Tabungan, beberapa unit HP, KTP tersangka, 2 STNK palsu dan asli, 8 unit sepeda motor, 1 unit air softgun, pisau stainless dan uang tunai sebesar Rp. 9.537.000,-

“Terhadap keempat tersangka dijerat pasal 372 juncto pasal 55 juncto pasal 65 pasal 480 KUHPidana dengan ancaman 4 tahun penjara,” tutupnya. (SOP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here