LSM Kilat Desak Pemda Tebo Selesaikan Persoalan Masyarakat dengan PT Tebo Indah

0
160

INDEPENDENNEWS.COM, BINTAN — Kasus lahan milik masyarakat Desa disekitar HGU PT. Tebo Indah semakin berlarut larut, hal itu menimbulkan keresahan ditengah masyarakat desa di wilayah kecamatan Tebo Tengah. Pasalnya lahan warga Desa yang berada dalam kawasan HGU PT Tebo Indah tidak dapat mengurus sertifikat lahan miliknya karena terbentur HGU milik PT Tebo Indah.

Akibat masuknya Lahan Warga dalam kawasan HGU PT. Tebo Indah telah menyulitkan warga untuk mengurus sertifikat ke BPN atau mengikuti program Prona yang tengah dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Aneh tapi nyata, lahan milik warga yang sudah dikelola menjadi lahan pertanian sejak lama dari turun temurun, dan tanpa disadari kehadiran PT Tebo Indah bagaikan duri dalam daging, kenapa tidak, sebutan itu layak disandang perusahaan tersebut “Menguasai lahan warga secara diam diam dan telah mengebiri hak warga tempatan.”

Menanggapi persoalan tersebut Selamat Irianto ketua Lsm Kelompok Intlektual Anak Tebo (Kilat) mendesak pemda Kabupaten Tebo segera menyelesaikan persoalan yang tengah dihadapi warganya.
“Pemda Tebo jangan diam saja atau membiarkan rakyatnya terjolimi. Persoalan ini sangat meresahkan masyarakat di beberapa desa dalam wilayah kecamatan Tebo Tengah, dimana sebagian wilayahnya masuk dalam perizinan HGU PT.Tebo Indah, sehingga lahan masyarakat tersebut tidak dapat disertifikatkan atau mengikuti Program Nasional Agraria (Prona), yang tengah digalakkan oleh Presiden JOKOWI.” Ujarnya kepada Awak media ini, pada Senin (9/9/19)

Lebih lanjut Selamat mengatakan, meskipun lahan masyarakat tersebut masuk dalam HGU, tapi jika tidak ada kegiatan usaha atau pengusahaan lahan yang dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan peruntukan HGU sama saja halnya lahan tersebut di telantarkan.

“Apabila lahan tersebut merupakan kawasan hutan maka harus ada pelepasan dari negara, dan jika memiliki hak tertentu maka HGU baru bisa diterbitkan jika sudah ada pelepasan terhadap hak tertentu tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.” jelasnya

Lebih jauh Selamat meminta kepada Kepala Desa, Camat dan Bupati Tebo, segera menyelesaikan kasus penyerobotan lahan milik warga yang diduga dilakukan oleh PT Tebo Indah.

” Kita minta para pemangku kepentingan bisa berpihak kepada warga yang tengah menghadapi persoalan, jangan ditelantarkan karena masyarakat adalah bagian dari masyarakat indonesia yang harus dilindungi haknya.”pungkasnya
(hrf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.