Lepas Calon Jamaah Haji, Bupati Anambas Haris: Jaga Kondisi Kesehatan

0
236

IndependenNews.com, Anambas | Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris melepas calon Jama’ah Haji Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2022 di Masjid Jamik Baitul Rahim Tarempa, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Senin (13/06/2022).

Pada kesempatan itu, Abdul Haris mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas sangat serius dan secara optimal mendukung pelaksanaan kegiatan jama’ah haji khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Bentuk dukungan dan keseriusan Pemda Anambas bersama pihak yang terlibat tidak main-main, mulai dari manasik dan lainnya hingga hari pelepasan ini, bahkan nanti sampai penjemputan bapak atau ibu jama’ah kembali ke tanah air akan difasilitasi oleh Instansi terkait,” jelas Abdul Haris.

Dia juga bersyukur kepada Allah SWT, yang mana pada tahun ini kerajaan Arab Saudi mengizinkan untuk memberangkatkan haji dari seluruh Dunia, setelah dua tahun pelaksanaan haji terbatas hanya seribu orang saja yang berangkat pada tahun 2020 dan 2021 kemarin.

“Seperti kita ketahui dalam 2 tahun lalu, pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tidak bisa mengrimkan calon Jama’ah haji, dikarenakan covid-19, dan kita juga berharap bisa mengrimkan lebih banyak lagi dari hari ini, tetapi karena kendala-kendala itu, maka hari ini kita harus bersyukur kembali kepada Allah SWT masih bisa mengrimkan calon jama’ah,”ujar Haris

Kepada para calon jama’ah haji, Haris berpesan untuk selalu menjaga kondisi kesehatan agar selalu dalam keadaan prima, sehingga tidak menyebabkan adanya halangan dalam melaksanakan Rukun Islam ke 5 ini.

“Saya harap kepada bapak/ibu calon jama’ah haji tetap selalu menjaga kesehatan, karena apa bila kita dalam kondisi yang tidak sehat tentunya nanti akan menghambat proses pelaksanaan ibadah,” kata Haris

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas, Erizal mengatakan, untuk Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan kuota sebanyak 19 orang calon jama’ah haji dari 100.952 orang di seluruh Indonesia.

“Tahun ini, Arab Saudi memberikan Kuota di seluruh dunia itu sebanyak 1 juta orang saja, dan Alhamdulillah dari 1 juta orang tersebut Indonesia diberikan kouta sebanyak 100.952 orang dan kita Kabupaten Kepulauan Anambas memberangkatkan sebanyak 19 orang calon jama’ah haji yang terdiri 7 orang laki-laki dan 12 orang perempuan,” terang Erizal.

Dia juga mengatakan, sebelumnya dari Anambas telah mendapatkan panduan dalam proses pelaksanaan ibadah, mulai dari manasik hingga lainnya. Nantinya, calon jama’ah haji Anambas akan tergabung dalam rombongan ke 4 dari keloter Kepulauan Riau, yang akan di dampingi oleh Dokter dan Perawat.

“Seluruh Jama’ah Haji sudah mengikuti bimbingan manasik haji mulai dari tahun 2019 lalu, kemudian baru-baru ini kita berikan lagi bimbingan manasik haji dan ahad kemarin kita mantapkan lagi. Jama’ah Haji kita secara resmi akan masuk ke asrama pada tanggal 14 juni, dan sebelum keberangkatan para jama’ah haji ini di asrama di bekali lagi dengan pemantapan manasik haji secara khusus kepada mereka, nanti akan ada juga tim kesehatan yang akan memeriksa para jama’ah haji,” terang Erizal.

Erizal berharap jangan sampai ada yang ketinggalan melaksanakan rukun hajinya, karena membutuhkan waktu agar dapat berangkat ke Kerajaan Arab Saudi kembali setelah pulang dari melaksana ibadah haji.

“Kita harapkan para jama’ah nanti jangan sampai ada yang ketinggalan rukun hajinya.”tutupnya. (Rs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here