Warga Desa Mengkait Keluhkan PLTS Tak Berfungsi Lagi

0
48

Anambas, Independennews.com –Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang di bangun oleh Kementerian ESDM tahun 2013 di Desa Mengkait Kecamatan Siantan Selatan tidak berfungsi dengan baik lagi. Akibatnya warga beralih menggunakan mesin genset untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Informasi yang dihimpun dari Desa Mengkait, bahwa PLTS sifungsikan warga desa mengkait hanya satu tahun saja, setelah itu warga tidak bisa memanfaatkan PLTS tersebut.

“Kami warga desa mengkait memakai PLTS selama setahun saja, selanjutnya pada tahun ini warga kembali mempergubakan mesin Genset untuk memenuhi kebutuhan Liatrik.” ujar salah seorang warga yang tidak mau namanya dipublikasikan.

Lanjut Sumber, Bagunan PLTS tampaknya audah tak terawat, sehingga mesun Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini tidak dapat di fungsikan.

“Kondisi tidak terawatnya mesin PLTS ini tampak juga dari bangunan PLTGS yang saat ini ditumbuhi semak dan ilalang, bahkan pecahan botol berserakan di sekitar lokasi.” katannya

Menurut sumber, Mesin PLTS sempat mwnyala dan bisa mwngalirkan liatrik ke Rumah Warga, namun menyala hanya beberapa bulan saja, kemudian listrik PLTS tidak bisa menyala lagi, swhingga warga terpaksa beralih kembali ke Mesin Genset.

“Kondisi PLTS sudah disampaikan kepada Pemerintah Daerah Anambas, namun belum juga ada yang turun untuk melakukan perbaikan. Kami berharap PLTS bisa nyalakan kembali.” ucapnya

Saat ini warga kembali menggunakan mesin Genset, walaupun biaya sangat mahal.
“Mau tidak mau kami harus berjibaku untuk memperoleh minyak yang sangat mahal. Warga setiap hari mengeluh akibat biaya liatrik mahal.” pungkasnya (Firman)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.