Ketua LSM Topan Sumatera Utara Sesalkan Banyaknya Pembalakan Hutan di Wilayah Riau

0
179

PELALAWAN, Pimpinan LSM Team Operasional Penyelamat Aset Negara (TOPAN) Wliayah Sumatera, Yose Silaban angkat bicara terkait banyaknya pembalakan liar di hutan Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

“Sesuai hasil laporan Pengurus DPD LSM TOPAN, Kabupaten Siak yang kami terima, di Kabupaten Siak masih banyak terjadi pembalakan hutan secara liar,” jelasnya kepada wartawan, Senin (21/12/2020).

Dikatakan Yose Silaban, atas maraknya pembakakan hutan di Kabupaten Siak, kita mendorong Pemerintah Daerah, Kepolisian, Kejaksaan, serta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, agar segera melakukan langkah-langkah pencegahan dan juga upaya untuk mengurangi pembalakan liar di Kabupaten Siak.

“Kita memastikan akan terus melakukan pemantauan dan kita tidak akan segan-segan melaporkan langsung kepada pihak berwenang, terutama di Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, sebagai upaya memberantas praktik pembalakan liar yang masih kerap terjadi di Kabupaten Siak ini,” ujar Yose.

Ia juga sangat menyayangkan pembalakan hutan yang masih terus terjadi. “Sebenarnya regulasi terkait pengamanan hutan sudah cukup baik. Contohnyanya, Permen LHK Nomor P 15/MenLHK-Setjen/OTL.0/1/2016 tentang organisasi dan tata kerja balai pengamanan dan penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan.

Untuk itu LSM TOPAN-RI akan terus bekerja membantu aparat penegak hukum dalam menanggulangi kerusakan lingkungan hidup dan kehutanan. Jika masih ada yang melanggar, maka kita akan berkordinasi dengan aparat penegak hukum untuk dilakukan tindakan tegas,” tutupnya.(PS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here