Kepala SNPT PJSA Sumatera IV menyatakan Proyek perbaikan Sungai Sagulung V Sudah Sesuai Spesifikasi Teknis

0
846
Poto surat balasan konfirmasi Proyek perbaikan sungai sagulung tahap V (dok)
Poto surat balasan konfirmasi Proyek perbaikan sungai sagulung tahap V (dok)
Poto surat balasan konfirmasi Proyek perbaikan sungai sagulung tahap V (dok)

Kepala SNPT PJSA Sumatera IV menyatakan Pengerjaan Proyek SungaiSagulung V Sudah Sesuai Spesifikasi Teknis

Batam-Berdasarkan surat nomor:UM. 01.11/PJSAS-IV/93 peihal konfirmasi pekerjaan Perbaikan Sungai Sagulung-Tahap V yang diterima redaksional independennews.com dari Kepala SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Sumatera IV melalui PPK Sungai dan Pantai I, Ardhananto.ST.M.Si mengatakan pengerjaan proyek Sungai Sagulung sudah sesuai spesifikasi teknis yang diisyartakan.

Berikut lampiran jawaban yang diterima redaksional independennews dariSNVT Pelaksana Jaringan Sumber Air sumatera IV dengan tanggal surat15 Agustus 2016,

1. Dokumen spesifikasi teknis telah tercantum lengkap didalam dokumenkontrak yang merupakan dokumen negara yang pengarsipannya di kantorbalai wilayah sungai sumatera IV dan hanya dapat digunakan sesuaidengan ketentuan yang berlaku, sehingga kami saat ini tidak dapatmemberikannya kepada saudara.Namun untuk menjawab pertayaan saudaraterkait dengan spesifikasi teknis, kami sampaikan dalam point jawabankami selanjutnya

2. Kayu Cerucuk
a. Pihak penyedia jasa telah menggunakan kayu cerucuk yang sesuai dengan spesifikasi teknis, yaitu kayu cerucuk dengan diameter 10-15cm.

b. Untuk kedalaman kayu cerucuk yang tertanam didalam tanah,dipersyaratkan hanya panjang 1 batang kayu cerucuk tersebut, yaitu 4meter dan menyesuaikan kondisi tanah. jika yang tertanam hanya 3metermaka dilakukan pemotongan terhadap sisa kayu cerucuk sesuai denganelevasi pada gambar.

c. Dengan melaksanakan point a dan b diatas kekuatan struktur sudahcukup kokoh (memenuhi persyaratan) sesuai perencanaan.

3. Tinggi bangunan struktur beton bertulang pada pekerjaan perbaikansungai sagulung tahap V di kota Batam adalah sebagai berikut Balok 20×25 beton K-250, kolom tegak uk.20x20cm beton K-250, dinding T-20 Cm beton K-250, Beton K 250t=20 cm, beton K125=10cm, pasir uruk t=10 cm, kayu cerucuk t=10-15 cm. tinggi bangunan yang dilaksanakan dilapangantelah sesuai dengan gambar design.

4. Tanah timbunan kembali
a. penimbunan yang dilaksanakan dilapangan sudah sesuai dengans pesifikasi teknis yang disyaratkan, yaitu penimbunan dilakukan dari asill galian yang ditumpuk terlebih dahulu sampai kering. kemudiantanah yang sudah kering dari hasil galian tersebut digunakan sebagaibahan timbunan kembali di belakang struktur beton.

b. sebagaimana yang saudara sampaikan bahwa pembangunan draenase tibandi kota batam dilaksanakan menggunakan tanah keras (tanahdidatangkan), kami sampaikan bahwa pernyataan saudara adalah tidakbenar. Spesifikasi teknis pembangunan draenase Tiban di kota Batamsama dengan spesifikasi teknis pada perbaikan sungai sagulung-tahap vdi kota Batam.

5. Material besi yang didatangkan ke lokasi pekerjaan sudah sesuai dengan spesifikasi teknis dan hasil pengujian uji tarik di laboratorium menunjukkan bahwa material tersebut telah memenuhi spesifikasi teknis.

6. Untuk menjaga mutu pekerjaan telah dilakukan pengambilan sample dan uji kuat tekan beton dilakukan secara berkala, yaitu umur 7 hari, umur

14 hari dan umur 28 hari. hasil dari kuat tekan beton telah memenuhi spesifikasi teknis.

Demikian isi jawaban surat konfirmasi yang dilayangkan independennews.com tertanggal 28 july 2016

Seperti pemberitaan independennews.com sebelumnya, Proyek Perbaikan Sungai Sagulung Tahap V di Kota Batam, Kepulauan Riau dengan paguproyek Rp 7,762.526 769,- yang dikerjakan PT. Benteng Indo Raya dengan konsultan PT. Sri Agung Jaya, di duga sarat penyimpangan, Pasalnya pengerjaan proyek itu diduga tidak sesuai dengan bestek yang ditetapkan. pengecoran tapak atau slop dan coloum dikerjakan tanpa melalui proses lantai kerja, atau dicor diatas lumpur. (redaksional)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.