Kabid Dinas Bina Marga dan SDA, Tak Terima di Konfirmasi Blokir Nomor Kontak Wartawan Terkesan Abaikan UU KIP

0
480

INDEPENDENNEWS.COM, BATAM — Pekerjaan wartawan dalam menjalankan fungsinya sebagai Sosial Control, sesungguhnya sudah mendapat dukungan penuh dari Penerintah, dengan di bentuknya Undang Undang Pers Nomor 40 Tahun 2019, dan juga Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008, Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik, ayat, a,b,c dan d, sangat jelas dituangkan bahwa Keterbukaan Informasi Publik, merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Lebih jelas lagi pada ayat b, dikatakan, bahwa memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjujung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaran negara yang baik.

Ayat c, bahwa keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelengaraan negara dan badan publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik.

Ayat d, bahwa pengolahan informasi publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.

Namun sangat disayangkan, hal ini sepertinya tidak berlaku dan terkesan diabaikam oleh Kabid Dinas Bina Maraga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Dohar Hasibuan. Yang mana beberapa waktu lalu, atau tepatnya, pada tanggal 18/07/2019, awak media mencoba melakukan konfirmasi kepada Dohar Hasibuan, terkait penggunaan pagu anggaran tahun 2019 yang mencapai miliaran rupiah, untuk pembangunan salah satu tempat pencucian alat berat, tidak mendapat tanggapan dari Dohar Hasibuan. Sebaliknya Dohar justru melakukan pemblokiran terhadap aplikasi kontak WhatsApp dari awak media.

Terkait perlakuan dari Kabid Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam ini, yang mana yang bersangkutan adalah salah satu pejabat publik, yang sepertinya tidak memahami UU KIP, atau dengan kata lain terkesan mengabaikan Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik ini, belum satu pihakpun yang berhasil dimintai tanggapan.(Ls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here