Hindari Musibah, Kalapas Banyuwangi Cek Instalasi Listrik Blok Hunian

0
49

Independennews.com, Banyuangi | Musibah kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang menjadi evaluasi tersendiri untuk seluruh Lapas dan Rutan di Indonesia, tak terkecuali Lapas Banyuwangi ibawah Kanwil Kemenkumham Jatim juga melakukan pemeriksaan jarringan instalasi listri blok hunian.

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto siang ini, Rabu (8/9/2021) terjun langsung ke blok hunian untuk melakukan pengecekan instalasi saluran listrik yang bisa menjadi sumber kebakaran jika terjadi arus pendek.

Didampingi oleh Ka. KPLP, Kasi Admin Kamtib, Kasubsi Keamanan, Komandan Jaga, staf KP, staf Kamtib dan anggota regu pengamanan, pengecekan dilakukan secara menyeluruh tiap masing-masing kamar hunian.

Sembari berkeliling, Wahyu melakukan pengecekan kabel dan kamar hunian sekaligus melakukan sosialisasi kepada warga binaan. Dia menghimbau agar warga binaan tidak merubah atau memodifikasi aliran listrik tanpa seijin dari petugas.

“Jika ada kabel yang rusak atau mengalami konsleting segera hubungi petugas yang sedang berjaga, jangan sekali-kali memperbaiki sendiri jika ada kerusakan kabel, karena akan membahayakan diri kalian sendiri dan teman-teman yang lain jika terjadi konsleting. Jangan sampai ada kejadian serupa dengan yang terjadi di Lapas Tangerang,” ujar Wahyu memberikan pesan kepada para warga binaan

Pada kegiatan kali ini juga dimanfaatkan oleh Wahyu dan jajaran untuk meminimalisir barang-barang yang disinyalir dapat menjadi penyebab kebakaran, seperti kompor dan kertas atau pakaian yang sudah tidak terpakai.

“Jangan sampai ada kompor didalam maupun diluar kamar hunian, baju-baju yang sudah tidak terpakai silahkan dikeluarkan saja pak, agar tidak membuat penuh isi kamar,” pesan Wahyu.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran atau gangguan keamanan dan ketertiban lainnya.

“Saya harap teman-teman disini saling menjaga Lapas Banyuwangi ini, disini tempat kalian saat ini, mari saling menjaga kemanan dan kondusifitas Lapas Banyuwangi.” Tutupnya (iriek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here